Sukses

Katulampa Siaga III, Jakarta Diimbau Waspada Banjir Sore Ini

"Ketinggian 110 centimeter paling tinggi bulan ini, diperkirakan banjir sampai Jakarta sore ini," ucap Andi.

Hujan yang terus mengguyur membuat debit air Sungai Ciliwung di Bendungan Katulampa, Bogor, Jawa Barat, cepat naik. Pada pukul 09.40 WIB, ketinggian air di bendungan yang terletak di Kecamatan Bogor Timur itu mencapai 110 centimeter. Status Siaga III diberlakukan.

Kepala Pengawas Bendungan Katulampa Andi Sudirman mengatakan, debit air sempat bertahan pada status Siaga IV sejak pukul 08.00 WIB. Namun ketinggian muka air kembali naik menjadi 110 centimeter dari 80 centimeter.

"Peningkatan air begitu cepat dalam waktu sekitar 1,5 jam," jelas Andi kepada Liputan6.com, Sabtu (22/2/14).

Peningkatan ini disebabkan hujan yang terus melanda sejak pagi hari. Debit air yang mengalir di Sungai Ciliwung ini diperkirakan sebanyak 160 ribu liter per detik.

"Ketinggian 110 centimeter paling tinggi bulan ini, diperkirakan banjir sampai Jakarta sore ini," ucap dia.

Andi mengaku sudah menginformasikan kepada penjaga pintu air di kawasan Puncak, Depok, dan Jakarta, untuk terus memantau kenaikan debit air di aliran Sungai Ciliwung.

"Untuk itu warga yang berada di pinggiran Sungai Ciliwung untuk waspada dan berhati-hati dengan kondisi saat ini," imbau Andi.

Sementara pantauan Liputan6.com di Bendungan Katulampa, cuaca di wilayah Bogor hingga pukul 10.30 WIB masih diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. (Eks)

Baca juga:
Jabodetabek Diguyur Hujan, Sejumlah Wilayah Banjir
Jakarta Pagi Ini Berawan, Sore dan Malam Diprediksi Huja
Haji Lulung Sindir Jokowi-Ahok Atasi Banjir Jakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini