Sukses

7 Mobil 10 Motor Terkumpul untuk Hadiah Salat Zuhur di Bengkulu

Selain Kijang Innova pribadi milik walikota, ada 6 mobil dan 10 sepeda motor yang disumbang dari masyarakat.

Warga Kota Bengkulu yang menunaikan salat zuhur berjamaah di Masjid Akbar At-Taqwa kembali dirangsang hadiah menarik. Sedikitnya 7 mobil dan 10 sepeda motor sudah terkumpul mendampingi hadiah utama, yakni umrah dan naik haji gratis.

Kebijakan Walikota Bengkulu Helmi Hasan yang menuai pro dan kontra di tengah masyarakat itu tenyata mendapat respons positif dari masyarakat. Jika sebelumnya Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Bengkulu meminta tidak mengumumkan hadiah, Helmi justru lantang menyatakan tujuan kegiatan itu, yakni untuk meramaikan masjid yang menurutnya harus membutuhkan intervensi.

Kepala Bagian Kesra Pemkot Bengkulu Suryawan Halusi menyatakan, 7 unit mobil dan 10 sepeda motor yang terkumpul merupakan sumbangan masyarakat. Ini merupakan respons positif terhadap program yang digelontorkan Helmi.

"Selain Kijang Innova pribadi milik walikota, ada 6 mobil dan 10 sepeda motor yang disumbang masyarakat," ujar Suryawan di Bengkulu, Minggu (16/2/2014).

Ia menjelaskan, pihaknya menargetkan sedikitnya 9 mobil harus disiapkan sesuai jumlah kecamatan di Kota Bengkulu. Selain itu juga 1 hadiah utama, dan 67 sepeda motor sesuai jumlah kelurahan.

Umrah dan haji gratis tersebut, lanjut Suryawan, sudah dianggarkan melalui APBD Kota Bengkulu sebesar Rp 2,3 miliar. Namun, sebagaimana dilansir Liputan6.com beberapa hari lalu, jumlah peserta 'salat zuhur berhadiah' yang mendaftar membludak, hingga mencapai ribuan peserta.

Kendati, anggota Komisi III DPRD Kota Bengkulu Sofyan Hardi membantah adanya anggaran yang disiapkan untuk hadiah salat berjamaah tersebut. "Itu Kebijakan walikota, jika diplot khusus untuk itu tidak ada. Bisa saja walikota menggunakan dana taktis yang memang dianggarkan cukup besar," tegas Sofyan.

Helmi sebelumnya berjanji akan memberikan hadiah naik haji gratis untuk mendorong warga agar mau datang ke masjid dan salat berjamaah. Helmi menyiapkan hadiah kejutan berupa 1 unit mobil Kijang Innova dan Honda CRV milik istrinya kepada warga yang rajin salat.

Warga Bengkulu yang melakukan salat berjamaah lebih awal dalam hitungan 40 kali berturut-turut akan mendapat hadiah-hadiah tersebut. (Rmn/Mut)

Baca juga:

Salat Berhadiah Haji, Ribuan Warga Bengkulu Penuhi Masjid
[VIDEO] Salat Berhadiah di Bengkulu, MUI: Islam Tak Mengajarkan
[VIDEO] Pro-Kontra Salat Jamaah Berhadiah di Bengkulu


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini