Sukses

[VIDEO] Bahaya Abu Vulkanik Bagi Penerbangan

Partikel abu vulkanik yang tajam dapat menyebabkan mesin pesawat rusak hingga mati sepenuhnya.

Puluhan penerbangan dibatalkan akibat letusan Gunung Kelud di Kediri Jawa Timur. Bahkan 7 bandara ditutup,m tidak beroperasi setelah letusan pada Kamis yang lalu.

Pembatalan penerbangan itu dilakukan demi keselamatan. Sebab, partikel abu vulkanik yang tajam dapat menyebabkan mesin pesawat rusak hingga mati sepenuhnya.

Liputan 6 SCTV, Minggu (16/2/2014) memberitakan, abu vulkanik akibat letusan Gunung Kelud dapat membahayakan bagi penerbangan. Meski di daratan abu vulkanik sudah tidak nampak, bukan berarti di udara sudah bersih dari abu vulkanik.

Pengamat penerbangan membeberkan bahayanya abu vulkanik bagi penerbangan pesawat yang dapat menyebabkan mesin pesawat mati sepenuhnya.

Gunung Kelud meletus pada Kamis malam yang menyebabkan hujan abu di sejumlah daerah, seperti Kediri, Malang, Surabaya, Yogjakarta, dan Jawa Tengah. Hal ini menyebabkan sejumlah bandara terpaksa ditutup karena material abu vulkanik yang menyebar luas. (Eks)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini