Sukses

Gaya SBY Ajari Murid SMP Tentang Gunung Meletus dan Tsunami

Di hadapan siswa-siswi SMPN 1 Kuningan, Jabar, Presiden SBY menjelaskan tentang keberadaan gunung berapi di Indonesia.

Saat mengunjungi SMPN 1 Kuningan, Jawa Barat, Presiden SBY beserta Ibu Negara Ani Yudhoyono menyempatkan waktu sejenak mengajar di salah satu kelas. Di kelas I C, SBY menjelaskan kepada siswa-siswi mengenai bencana alam di Indonesia setelah sebelumnya ditayangkan film mengenai letusan Gunung Krakatau.

"Pak SBY sudah pernah melihat film ini, yaitu tentang letusan Gunung Krakatau yang memporak-porandakan, bukan hanya Indonesia, tetapi dunia, dulu," ujar SBY di hadapan para siswa, seperti dilansir setkab.go.id, Selasa (4/2/2014).

SBY menambahkan, Indonesia rawan terhadap bencana dikarenakan memiliki gunung berapi terbanyak di dunia disusul Jepang.

"Kemudian ada 3 lempeng tektonik yang mengelilingi Indonesia. Dan itu hampir setiap saat bertubrukan. Lempeng tektonik, kalau tumbukannya vertikal, kekuatannya 6 skala Richter lebih, kemungkinan terjadi tsunami. Kalau tidak ya gempa, gempa plus tsunami. Contohnya Aceh, Nias dan lainnya," jelas SBY.

SBY kemudian mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk siap menghadapi bencana dengan membangun sistem penanggulangan dan meningkatkan kewaspadaan dengan menerapkan iptek agar bisa mempersiapkan diri dengan baik dalam menghadapi bencana.

"Sekarang di seluruh dunia juga kembali datang bencana, ada banjir di banyak negara, termasuk di Indonesia, kebakaran hutan dan juga badai salju. Jadi saljunya luar biasa dan yang meninggal juga banyak. Jadi harus menguasai tentang kebencanaan mulai anak-anak yang bersekolah di SMP ini," kata SBY.

Turut mendampingi SBY dalam kunjungan kerja kali ini antara lain Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa, Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono, Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu, Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, dan Menteri Kehutanan Zulkilfli Hasan. (Ado/Mut)

Baca juga:

SBY dan Guru Een Berdendang Bersama di Pertemuan Kedua
SBY: Tahu Sumedang Tidak Basa-basi Enaknya
SBY Segera Umumkan Mendag Pengganti Gita Wirjawan



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini