Sukses

Urai Kemacetan, Polda Uji Coba Buka-Tutup Pintu Tol Semanggi

Polda uji coba di pintu masuk tol Semanggi ditutup jam 16.00-20.00 WIB. Di pintu keluar Semanggi ditutup pukul 08.00-10.00 WIB.

Kemacetan sudah menjadi momok di Ibukota. Ironisnya, kemacetan juga ditimbulkan dengan kehadiran jalan bebas hambatan atau tol terutama saat di pintu masuk dan keluar tol dalam kota. Karena itu, Polda Metro Jaya akan menerapkan sistem buka-tutup pintu masuk dan keluar tol mulai Senin 16 Desember 2013.

"Rencananya, Senin akan menguji coba pintu masuk dan keluar. Di Semanggi 1, pintu masuk ditutup jam 16.00-20.00 WIB dan di pintu keluar ditutup sekitar pukul 08.00-10.00 WIB," kata Kabid Humas Polda Metro, Kombes Pol Rikwanto, Jakarta, Jumat (13/12/2013).

Ia menjelaskan perihal buka tutup juga sudah dikoordinasikan dengan Jasa Marga. Untuk pintu masuk dan pintu keluar tol akan dilaksanakan setiap Senin hingga Jumat setiap minggunya.

Kepolisian melakukan uji coba pintu masuk keluar di tol di Semanggi I karena pada jam yang akan dicoba biasa terjadi penumpukan kendaraan di sekitar Semanggi yang mengakibatkan antrean di pintu tol.

Selain pintu masuk tol Semanggi I, petugas juga akan menutup pintu keluar tol Tegal Parang arah Kuningan, Pancoran arah Tebet dan pintu keluar tol depan RS Dharmais, Jakarta Barat. Penutupan pintu keluar tol ini diberlakukan pada pukul 08.00 hingga pukul 10.00 WIB.

"Pada jam sibuk, pintu itu mengunci jalur-jalur di belakangnya sehingga menimbulkan kemacetan," jelas Rikwanto.

Namun, Rikwanto tidak menerangkan hingga kapan uji coba pemberlakuan buka tutup ini dijalankan. Nantinya sistem buka tutup pintu masuk dan keluar tol ini akan dievaluasi secara bersama polisi dan Jasa Marga. Hal itu dilakukan untuk langkah-langkah penanganan selanjutnya.

"Nanti kita akan evaluasi hasilnya," pungkas Rikwanto. (Adi/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini