Sukses

PDIP `Tantang` KPU Uji Data DPT

PDIP mengusulkan menyandingkan daftar pemilih tetap (DPT) yang dimilikinya dengan data yang akan ditetapkan KPU besok.

PDIP akan menyandingkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang dimilikinya dengan data miliki Komisi Pemilihan Umum (KPU). Rencananya, KPU akan menetapkan DPT Rabu 4 Desember besok.

"Kami usulkan semacam penyandingan. PDIP akan beri data, mau lihat sudah sejauh mana. Bisa tidak ditunjukkan by name dan by address," ujar Sekretaris Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDIP Arif Wibowo di Kantor  KPU, Jakarta, Selasa (3/12/2013).

Hingga saat ini, dari 10,4 juta DPT bermasalah, KPU mengklaim sudah melakukan perbaikan sehingga tersisa 3,3 juta. Namun, jumlah data bermasalah itu belum bisa ditolerir. "Batas terakhirnya 100 ribu, lebih tidak kita tolerir," ungkapnya.

KPU juga merasa kelimpungan dengan penyadingan data. Sebab, temuan seperti itu harusnya diberikan sebelum rapat pleno yang akan dilakukan besok.

"Repot juga kalau temuan itu baru diberikan besok. Nggak apa-apa semua orang ngomong karena itu hak semua orang. Tapi kami kan sudah bilang dari awal silahkan beri masukan, kalau baru diungkap di final, repot dong," tambah Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay.

Rencananya, rapat pleno KPU terkait penetapan DPT final akan dilakukan pada Rabu pukul 14.00 WIB. Sebanyak 12 partai politik peserta Pemilu pun akan hadir. (Mvi/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini