Sukses

Edward Snowden Dibahas dalam Pertemuan Parlemen Rusia-RI

Pertemuan DPR-Parlemen Rusia juga membahas isu konflik Suriah dan mantan agen NSA Edward Snowden yang kini berada di Rusia.

Ada berbagai isu yang dibahas dalam pertemuan DPR dengan Wakil Parlemen Rusia Nikolai Levichev yang berlangsung selama 3 jam di Hotel Mulia, Jakarta, semalam. Pertemuan itu pun dilanjutkan saat Nikolai mengunjungi gedung DPR, Senayan, siang ini untuk membahas kerjama antar negara, termasuk soal penyadapan.

"Terakhir, semalam 3 jam itu kami bicara soal penyadapan. Saya tanyakan bagaimana sikap Rusia. Dijawab Pak Wakil dikatakan kalau Presiden Putin memberi tempat, melindungi kehidupan, hak hidup keselamatan Edward Snowden," kata Wakil Ketua DPR, Priyo Budi Santoso saat menerima Wakil Parlemen Rusia Nikolai Levichev di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (21/11/2013).

Snowden merupakan mantan kontraktor agen keamanan AS yang membongkar penyadapan yang dilakukan AS dan Australia. Dalam pertemuan itu, Priyo juga minta pandangan parlemen Rusia terkait penyadapan. Dia menjelaskan kepada Nikolai bahwa rakyat Indonesia marah dengan adanya isu penyadapan tersebut.

"Seminggu ini rakyat kami satu bahasa, satu rasa gusar, kecewa, marah dengan tindakan ilegal sebagai negara bersahabat terhadap perlakuan negara Australia juga Amerika, yang tega menyadap Presiden kami menyadap ibu negara dan beberapa tokoh lain," ujar politisi Golkar ini.

Priyo pun senang dengan tanggapan parlemen Rusia yang juga mengecam atas tindakan penyadapan tersebut. "Kami tanyakan dari segi diplomasi itu tidak patut. Saya sangat gembira pandangan ini didukung wakil parlemen Rusia tadi," pungkas Priyo. (Adi/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini