Sukses

[VIDEO] Salat Id di Ambon Lancar, Sampah Koran Berkah Pemulung

Cuaca cerah membuat warga Ambon bersyukur bisa salat Idul Adha. Sementara di Sukabumi, pemulung mendapat berkah dari sampah usai salat.

Salat Idul Adha ternyata juga dilangsungkan warga di berbagai daerah di Ambon, Maluku. Salat Id berlangsung dalam cuaca cerah.

Dalam tayangan Liputan 6 Siang SCTV, Selasa (15/10/2013), salat Id di Ambon digelar di Masjid Raya Al-Fatah. Salat pun berlangsung aman dan lancar. Para jamaah menjalankan salat hingga di luar masjid, karena masjid tak muat menampung jamaah yang membludak karena cuaca sangat mendukung.

Para jamaah bersyukur karena salat Id itu berlangsung dalam cuaca cerah. Karena sehari sebelumnya Ambon diguyur hujan deras.

Dalam khotbah salat Id di masjid tersebut, sang khotib pun meminta warga agar ikhlas dalam berkurban seperti yang dicontohkan Nabi Ibrahim.

Ribuan masyarakat muslim Manokwari juga menunaikan salat Idul Adha di Lapangan Borarsi. Salat Idul Adha juga dilaksanakan di Masjid Besar Ridwanul Bakhri Fasharkan Angkatan Laut, Masjid Kampung Makassar, Lapangan Hitam Arfai dan Lapangan Sepak Bola Distrik Prafi.

Panitia Lebaran Haji setempat menyediakan 200 ekor sapi serta 18 ekor kambing, yang disebar di sejumlah titik pemotongan di Kabupaten Manokwari.

Sementara di Sukabumi, setelah salat Id di Lapangan Merdeka Sukabumi, Jawa Barat, warga meninggalkan tumpukan sampah koran yang berserakan. Sampah-sampah itu tampak dibiarkan tak dibersihkan, namun sampah justru menjadi berkah bagi pemulung untuk dijual.

Tak hanya di lapangan, sampah koran juga terlihat di trotoar jalan protokol. Sampah-sampah bekas koran ini berserakan tak dibersihkan oleh petugas kebersihan. (Tnt/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini