Sukses

[VIDEO] Hewan Kurban Dilempar ke Laut dan Diadu Karapan

Kambing dan sapi diturunkan ke darat dengan cara melemparnya ke laut dari atas perahu.

Berbagai cara dilakukan para pedagang hewan kurban untuk memenuhi permintaan jelang Hari Raya Idul Adha. Seperti yang terjadi di Madura. Kambing dan sapi diturunkan ke darat dengan cara melemparnya ke laut dari atas perahu.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Jumat (27/9/2013), sejumlah perahu pembawa kambing dan sapi ini baru saja bersandar di Pelabuhan Kalbut, Situbondo, Jawa Timur. Sementara puluhan pembeli sudah memenuhi bibir dermaga.

Sayangnya, tanpa memperhatikan keselamatan hewan-hewan ini, pedagang dengan santainya menurunkan hewan-hewan kurban ini dengan cara melemparnya ke laut. Satu per satu, kambing-kambing ini dilempar begitu saja dan dipaksa berenang hingga ke daratan.

Tak jarang, sejumlah kambing kelelahan hingga sulit berjalan lagi. Demikian pula dengan sapi-sapi ini yang dipaksa sedemikian rupa untuk berenang di laut. Sebagian sapi yang kebanyakan meminum air laut akhirnya mati dan ditinggalkan begitu saja di pinggir pantai oleh pemiliknya.

Di Jember, Jawa Timur, demi meningkatkan penjualan, pedagang menggelar adu karapan kambing di lapangan terbuka. Kambing-kambing itu diadu kecepatan larinya.

Bagian ekor kambing bahkan dipasangi kaleng berisi kerikil agar menimbulkan suara berisik saat kambing berlari. Sejumlah kambing juga diberi jamu-jamuan agar staminanya kuat saat lomba karapan.

Para pedagang percaya kambing yang berlari cepat menunjukkan kambing tersebut sehat dan layak konsumsi. Sayangnya mereka lupa hewan kurban seharusnya diperlakukan dengan baik sebelum dipotong pada hari raya. (Riz/Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini