Sukses

Pengumuman Capres, Pramono: Itu Kewenangan Megawati

Dibahas atau tiddaknya pencapresan di Rakernas PDIP III ada di tangan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Mantan Sekjen PDIP Pramono Anung membenarkan, salah satu agenda yang dibahas dalam Rapat Kerja Nasional partai kali ini adalah soal calon presiden. Namun Pramono belum mengetahui siapa capres PDIP yang akan diusung di Pemilu 2014. Sebab DPP PDIP akan mendengarkan terlebih dahulu aspirasi dari DPD dan DPC PDIP di seluruh Indonesia.

"Agenda yang utama mendengarkan daerah (DPD) dan cabang (DPC)," kata Pramono di lokasi Rakernas, Ecovention Building, Ecopark, Ancol, Jakarta Utara, Jumat (6/9/2013).

Pramono menjelaskan lebih lanjut, Rakernas III ini tidak bisa serta-merta menganulir apa yang sudah dihasilkan Kongres PDIP di Bali beberapa waktu lalu. Hasil kongres menyebutkan, pengumuman capres PDIP berada di tangan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

"Rakernas ini tidak bisa menganulir apa yang menjadi Kongres partai, yaitu kewenangan capres ada di tangan Ketua Umum," ujar dia.

Karena itu, Parmono menyerahkan, pencapresan PDIP ini sepenuhnya kepada Megawati. Apakah akan diumumkan sekarang atau menunggu di lain waktu sebelum Pemilu 2014 digelar.

"Terserah Ibu Mega akan mengumumkan pada momen ini atau tidak. Tapi saya yakin Ibu Mega akan mengikuti Kongres Partai di Bali itu," ujarnya.

"Kalau 2008 dulu waktu itu diumumkan capresnya di bulan September. Waktu itu yang diumumkan adalah Ibu Mega sendiri. Tapi kalau sekarang itu terserah Ibu Mega," sambung politisi yang juga Wakil Ketua DPR ini. (Rmn/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini