Sukses

Miing: Persija Vs Persib Bertanding Saja di Papua

Seharusnya antara Persib dan Persija dapat menyelesaikan konsep budaya, agar menyadari sport ada sportivitas.

Anggota Komisi Olahraga DPR dari Fraksi PDIP Dedy Gumelar geram dengan perseteruan antara The Jakmania, pendukung Persija, dan Viking pendukung Persib Bandung. Saking geramnya, dia mengimbau agar pertandingan antara 2 kesebelasan itu dilakukan di tanah Papua.

"Di Papua aja, harusnya Persija versus Persib," kata Dedy di Kompleks Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (26/5/2013).

Menurut dia, pertikaian antara 2 suporter itu karena kurangnya kesadaran mereka akan budaya. "Menurut saya pemimpin suporter harus memberikan pendidikan kepada mereka. Kan ada koordinatornya," ujar dia.

Komedian yang biasa disapa Miing itu menyatakan, seharusnya antara Persib dan Persija dapat menyelesaikan konsep budaya agar menyadari sport ada sportivitas kejujuran, dan siap menang juga siap kalah. "Olahraga perekat dan perjuangan suporter harus sesuai aturan hukum," kata Miing.

"Kriminal meresahkan orang," imbuh dia.

Dia mencontohkan, di luar negeri, juga terdapat suporter garis keras, namun mereka tetap dapat mengedepankan dan menjunjung sportivitas antara mereka. "Di pertandingan Real Madrid, tetap bagus itu," ucap Miing.

Kesebelasan Persib gagal bertarung dengan Persija pada pertandingan lanjutan Liga Super Indonesia pada akhir pekan lalu. Tim Maung Bandung itu tak dapat hadir di Stadion Gelora Bung Karno lantaran bus yang ditumpangi diserang The Jakmania. (Ary/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini