Sukses

Mengenal Tradisi Upacara Adat Bali Mepamit yang Digelar Mahalini dan Rizky Febian Jelang Menikah

Apakah itu Mepamit dan Dharma Suaka yang merupakan upacara adat Bali jelang menikah? Keduanya memiliki makna berbeda.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar bahagia datang dari pasangan penyanyi Rizky Febian dan Mahalini. Kedua penyanyi tersebut diketahui bakal menikah dan pada Minggu 5 Mei 2024, Mahalini telah menggelar upacara adat Bali.

Ya, pemilik nama lengkap Ni Luh Ketut Mahalini Ayu Raharja ini memang diketahui berasal dari Bali. Sehingga sebelum akhirnya menikah, ia harus menjalankan upacara adat Bali yang dikenal dengan Mepamit dan Medharma Suaka.

Lantas, apakah itu Mepamit dan Dharma Suaka? Keduanya memiliki makna berbeda. Dilansir Liputan6.com berbagai sumber, arti kata mepamit adalah berpamitan atau perpisahan.

Sesuai dengan artinya, upacara adat Bali Mepamit dilakukan bagi seorang calon mempelai untuk berpamitan dengan daerah asalnya karena akan menjalani kehidupan di tempat yang baru.

Ritual tersebut dilaksanakan di tempat pihak pengantin wanita. Maknanya untuk berpamitan kepada para leluhur yang berasal dari pihak mempelai wanita, sebab akan menikah dan dirinya telah menjadi tanggung jawab keluarga calon pengantin pria.

Pada prosesi tersebut, kedua mempelai beserta keluarga maupun kerabat dekat mendatangi keluarga wanita. Mereka membawa sesajen (banten), antara lain ketipat bantal, sumping, cerocot, apem, wajik, dan lain sebagainya, serta aneka penganan tradisional berwarna putih dan merah.

Lalu, apa itu Dharma Suaka? Dalam prosesi Ma Dharma Suaka, mempelai akan diberikan wejangan kebaikan dari orang tua.

Dalam praktiknya, Dharma Suaka dapat diterjemahkan sebagai upaya untuk melindungi dan membantu mereka yang membutuhkan melalui bantuan materi, dukungan emosional, atau memberikan tempat perlindungan. Dalam konteks ini, orang tua membantu secara emosional lewat nasihat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jelang Menikah, Mahalini dan Rizky Febian Jalani Prosesi Mepamit dan Dharma Suaka di Bali

Sebelumnya, dalam unggahan Story akun Instagram @tanganikyy, Minggu, 5 Mei 2024, keluarga Rizky Febian mendatangi kediaman Mahalini yang terletak di Desa Tibubeneng, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali.

Keluarga Rizky Febian yang dipimpin oleh sang ayah, Sule tiba pada pagi hari bersama ketiga anaknya yang lain. Mereka langsung disambut oleh pihak keluarga Mahalini.

Keduanya kemudian menggelar prosesi pernikahan dalam adat Bali yang dilanjutkan dengan sungkeman terhadap kedua orangtua Mahalini. Tangis haru pun pecah, terlihat sang ibunda tak dapat menahan kebahagiaan melihat putrinya resmi dipinang oleh penyanyi asal Jawa Barat tersebut.

Berita soal pernikahan Mahalini sebelumnya disampaikan Klian Dinas Banjar Aseman Kawan, I Gede Hardi Raharja yang merupakan Kepala Lingkungan di kediaman Mahalini.

"Acara tanggal 5 hari Minggu ini. Jadi memang sudah dipersiapkanlah dari keluarga dan disampaikan ke klian juga," tutur Hardi kepada awak media yang menyambanginya.

Ia juga mengatakan, selain di Bali pada hari ini, juga akan ada ijab kabul di Jakarta pada Rabu 8 Mei 2024. Pihaknya mengaku bahwa sejauh ini belum ada berkas administrasi pernikahan yang diurus oleh kedua mempelai.

Selain soal kapan dan di mana acara pernikahan akan berlangsung, Hardi juga menyampaikan soal urutan acara yang mengikuti adat Bali tersebut. Acara pernikahan tersebut akan dilangsungkan dari pukul 09.00 hingga malam.

"Kalau pagi ada istilah Balinya Mepamit, habis itu Medharma Suaka, habis itu baru resepsi lah," tutur Hardi.

 

3 dari 4 halaman

Sule Jelaskan Rizky Febian-Mahalini Jalani Upacara Adat Dharma Suaka, Sebut Bukan Resepsi

Beberapa waktu belakangan, beredar kabar Rizky Febian menikahi Mahalini secara adat Bali pada tanggal cantik yang jatuh pada Minggu 5 Mei 2024.

Beberapa jam setelah perhelatan upacara ini, Sule merilis unggahan via akun Instagram, meluruskan isu yang sudah terlanjur simpang siur.

Sule membagikan sejumlah foto, berikut penjelasan mengenai acara yang digelar di kediaman Mahalini di kawasan Kuta Utara, Badung, Bali. Dalam caption, ia menegaskan bahwa posisi putranya maupun Mahalini sama-sama masih berstatus sebagai calon pengantin.

"Hari ini, Minggu, 5 Mei 2024, Rizky Febian dan Mahalini Raharja telah melangsungkan upacara adat Dharma Suaka di Kediaman Mahalini. Dalam pelaksanaan Dharma Suaka, calon mempelai pria meminta izin meminang (ngidih) pada keluarga calon mempelai wanita untuk melangkah ke jenjang selanjutnya," tulis Sule.

Setelahnya, adalah momen saat Mahalini berpamitan kepada orangtuanya.

"Acara dilanjutkan dengan upacara Mepamit, yang bermakna calon pengantin wanita (pradana) meminta izin kepada para leluhurnya untuk menikah dan selanjutnya menjadi tanggung jawab calon pengantin pria (purusha) dan keluarganya di masa depan," kata Sule.

Sule menjelaskan bahwa acara yang digelar pada hari Minggu ini akan menjadi pembuka rangkaian prosesi lainnya sebelum menuju hari pernikahan nanti.

 

4 dari 4 halaman

Acara Tradisi

Dalam unggahan lain, Sule membagikan video yang memperlihatkan dirinya bercakap-cakap dengan salah satu keluarga dari pihak mempelai wanita.

"Jadi ini tuh tradisi, ya?," tanya Sule

"Betul," kata pria dari pihak Mahalini.

"Jadi pamitannya calon pengantin wanita, dan memintanya calon pengantin pria," kata Sule, yang dibenarkan pria tersebut.

Sule kemudian memastikan bahwa acara ini bukanlah resepsi pernikahan.

"Jadi bukan resepsi, ya?," ucap Sule.

"Bukan resepsi," kata pria tersebut.

Kabarnya, setelah melaksanakan prosesi adat Bali, Rizky Febian dan Mahalini akan menggelar ijab kabul yang kabarnya akan digelar di Jakarta pada Rabu 8 Mei 2024.

Namun hingga kabar ini disusun, belum ada penjelasan secara langsung maupun detail dari pihak Rizky Febian maupun Mahalini soal akad nikah dan respesi pernikahan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.