Sukses

Infografis Prabowo Disebut Ingin Bentuk Klub Presiden RI

Selain mempersiapkan susunan kabinet pemerintahan mendatang, ternyata ada keinginan Prabowo Subianto. Presiden Terpilih periode 2024-2029 ini ingin membentuk klub Presiden RI.

Liputan6.com, Jakarta - Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan dilantik sebagai Presiden-Wakil Presiden Terpilih periode 2024-2029 pada 20 Oktober 2024. Selain mempersiapkan susunan kabinet pemerintahan mendatang, ternyata ada keinginan Prabowo.

Ketua Umum Partai Gerindra yang saat ini masih menjabat sebagai Menteri Pertahanan di Kabinet Indonesia Maju di bawah pimpinan Presiden Joko Widodo atau Jokowi ingin membentuk semacam klub presiden. Terutama mempertemukan dengan Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dan Presiden ke-7 RI Joko Widodo (Jokowi) untuk berdiskusi.

Keinginan Prabowo itu seperti diungkapkan juru bicaranya, Dahnil Anzar Simanjuntak. "Pak Prabowo secara berulang menyebutkan beliau ingin sekali duduk bareng, diskusi panjang dengan para mantan presiden nantinya, sehingga ada presidential club," ujar Dahnil dalam suatu wawancara virtual dengan salah satu TV swasta nasional di Jakarta, Senin 29 April 2024.

Melalui pertemuan itulah, menurut Dahnil, Prabowo ingin para presiden terdahulu berdiskusi mengenai pengalaman masing-masing memimpin negara. "Walaupun punya perspektif politik yang berbeda, sikap politik yang berbeda, tapi mereka bisa duduk bersama, bisa sharing pengalamannya."

Selain itu, Dahnil menambahkan, Prabowo hendak meminta masukan dalam penyusunan kabinet pemerintahan ke depan. Sebab, masukan ketiga mantan presiden RI itu penting, karena mereka mempunyai pengalaman panjang dalam memimpin negara.

Bukan hanya itu. Dahnil menjelaskan, Prabowo tidak hanya berkomitmen melanjutkan pemerintahan Jokowi, namun juga kepemimpinan presiden-presiden sebelumnya.

Lantaran itulah, Prabowo sebagai Presiden ke-8 RI akan membuka pintu diskusi dengan banyak pihak dalam menentukan kabinet ke depan, tanpa terkecuali. "Pak Prabowo akan mendengarkan masukan, tidak mungkin tanpa masukan," Dahnil menekankan.

Pertemuan Prabowo dengan SBY maupun Jokowi sudah berlangsung beberapa kali dalam tahun ini. Namun pada 2024, Prabowo belum bertemu dengan Megawati. Kapan pertemuan terakhir Prabowo dengan ketiganya? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Infografis Prabowo Disebut Ingin Bentuk Klub Presiden RI

3 dari 3 halaman

Infografis Pertemuan Prabowo dengan Megawati, SBY dan Jokowi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.