Sukses

Kementerian ESDM Meriahkan Dekranas Expo 2024, Hadirkan Produk UMKM Binaan

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) turut berpartisipasi dalam kegiatan Dekranas Expo 2024.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) turut berpartisipasi dalam kegiatan Dekranas Expo 2024. Kegiatan yang diramaikan oleh Kementerian ESDM itu berlangsung selama empat hari, mulai dari tanggal 15 sampai 18 Mei 2024.

Partisipasi dalam kegiatan itu pun menunjukkan bagaimana komitmen Kementerian ESDM dalam mendukung gerakan bangga buatan Indonesia, selain memeriahkan Hari Ulang Tahun Dekranas ke-44.

Pada hari kedua Expo, booth Kementerian ESDM pun mendapatkan kunjungan dari Pembina dan Ketua Umum Dekranas serta Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian ESDM, Ratna Arifin Tasrif, yang juga merupakan Anggota Bidang Wirausaha Baru Dekranas. Di booth ESDM, menyediakan info mengenai regulasi, kebijakan, pencapaian Kementerian ESDM, dan layanan yang ditawarkan oleh Badan Layanan Usaha (BLU) Kementerian ESDM.

Selain itu, produk UMKM binaan ESDM seperti batik, kerajinan bambu, kerajinan batu mulia, dan kerajinan bubutan juga ditampilkan. Pengunjung dapat berpartisipasi dalam berbagai permainan dan kuis untuk mendapatkan souvenir menarik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kembangkan Keterampilan

Ibu Wakil Presiden RI, Wury Ma'ruf Amin yang juga merupakan Ketua Umum Dekranas menyampaikan kebanggaannya terhadap produk industri kerajinan Indonesia karena telah menjadi pusat perhatian dan mendapat pengakuan di tingkat nasional maupun internasional. Ia berpesan untuk terus berinovasi, berkolaborasi, dan beradaptasi guna menghadapi gejolak ekonomi global dan berbagai dinamika yang terjadi.

"Kita harus terus mengembangkan keterampilan, menjaga kualitas produk, dan terus memperluas jaringan pemasaran tidak hanya di dalam negeri tetapi juga ke mancanegara," ujarnya.

"Tidak kalah penting, kita juga harus memperhatikan keberlanjutan lingkungan, kesejerahteraan, serta regenerasi para perajin," jelas Wury.

Sebagai informasi, mengusung tema "Tumbuh Bersama Majukan Warisan Bangsa", Dekranas Expo 2024 diramaikan oleh 257 stand produk kerajinan Indonesia, stand kuliner nusantara, dan layanan konsultasi pembinaan bagi para perajin.

Beragam produk unggulan dan layanan dari sektor ekonomi kreatif UMKM seluruh Indonesia turut dipamerkan, dengan dukungan dari Kementerian, Dinas Pemerintah Daerah, BUMN/BUMD, dan pihak swasta nasional.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini