Sukses

Hari Ini Mulai Beroperasi Usai Longsor, Simak Rekayasa Lalu Lintas Tol Bocimi

Setelah musibah longsor beberapa waktu lalu, hari ini, Sabtu (13/4/2024), Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) kembali difungsikan.

Liputan6.com, Jakarta Setelah musibah longsor beberapa waktu lalu, hari ini, Sabtu (13/4/2024), Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) kembali difungsikan.

Pemudik yang akan menempuh perjalanan arus balik lebaran 2024 pun telah bisa melintas di tol tersebut.

"Iya benar, untuk Tol Bocimi telah dibuka kembali," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat Komisaris Besar (Kombes) Jules Abraham Abast saat dihubungi, Sabtu (13/4/2024).

Meski Tol Bocimi telah difungsikan, Jules mengatakan pihaknya tetap menerapkan rekayasa lalu lintas one way dari arah Jakarta ke Sukabumi. Lalu, untuk arah sebaliknya akan dikeluarkan di Exit Tol Cigombong-Cucurug dimulai sejak pagi hingga sore hari ini.

"Sehingga prioritas utamanya arus lalu lintas sejak pagi hingga sore dibuka untuk kendaraan yang akan menuju Sukabumi," ujar Jules.

Jules menambahkan, karena masih ada lubang bekas longsor, kendaraan yang melintas pun akan dialihkan ke lajur A atau tepatnya pada KM 62 untuk nantinya kembali ke jalur normal.

"Nantinya di KM 62 karena masih terdapat lubang bekas longsoran akan dialihkan ke jalur A, kemudian akan kembali ke jalur B kembali pada KM 64.600," kata Jules.

Kemudian setelah sore nanti, untuk jalur yang mengarah ke Jakarta akan kembali dibuka selepas pelaksanaan one way rampung dari Jakarta ke Sukabumi selesai dilakukan.

"Nantinya rencana sekitar jam 15.30 WIB baru akan dibuka arah sebaliknya yaitu dari Sukabumi menuju ke Jakarta," tuturnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengaturan Lalu Lintas Tol Bocimi Dilakukan Polres Sukabumi

Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengungkapkan Tol Bocimi telah bisa dilalui mulai dari Pintu Cigombong (Km 60) ke arah Pintu Cibadak/Parungkuda (Km 72)-Sukabumi, walau hanya satu jalur yang difungsikan.

"Dengan pertimbangan keselamatan, hanya satu lajur pada Km 64+600 B yang dibuka fungsional, di mana pengaturan lalu lintasnya dilakukan sepenuhnya oleh Polres Sukabumi," kata Juru Bicara Kementerian PUPR, Endra S Atmawidjaja, seperti dilansir dari Antara, Kamis (11/4/2024).

Pasca-penanganan darurat dan pembersihan lokasi pada Jalan Tol Bocimi Ruas Cigombong-Cibadak Km 64+600, Kementerian PUPR bersama pihak Polres Sukabumi memastikan ruas tersebut dapat difungsikan untuk membantu mengurangi kepadatan lalu lintas selama masa mudik lebaran 2024.

Endra menegaskan akan diberlakukan sistem buka tutup pada ruas fungsional ini dengan jam operasional dalam kendali Polres Sukabumi. Kemungkinan antara pukul 07.00 hingga 17.00 WIB setiap harinya.

 

Reporter: Bachtiarudin Alam

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.