Sukses

H-5 Lebaran, 170 Ribu Penumpang Padati Bandara Soekarno-Hatta

Pergerakan penumpang di Bandara Internasional Soekarno Hatta tembus 170 ribu orang pada Jumat (5/4/2024) atau lima hari menjelang Hari raya Idul Fitri 1445 H/Lebaran 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Pergerakan penumpang di Bandara Internasional Soekarno Hatta tembus 170 ribu orang pada Jumat (5/4/2024) atau lima hari menjelang Hari raya Idul Fitri 1445 H/Lebaran 2024.

Jumlah tersebut naik hampir 40 ribu orang, bila dibandingkan pada H-6 Lebaran atau pada Kamis, 4 April 2024.

"Kemarin itu pergerakan penumpang mencapai 138.721, untuk hari ini meningkat lagi. Untuk keberangkatan mencapai 95.440 pergerakan penumpang, kedatangan mencapai 75.181 penumpang, jadi total ada 170.621 pergerakan penumpang pada hari ini," ungkap Senior Manager of Branch Communication and Legal Bandara Soekarno Hatta M. Holik Muwardi, Jumat (5/4/2024).

Sementara, untuk pergerakan pesawat juga mengalami kenaikan. Untuk hari ini saja, ada 1.157 pergerakan pesawat di Terminal 1, 2 dan 3.

Holik pun memprediksi, besok atau pada H-4 dan H-3 Lebaran, pergerakan pesawat dan penumpang di Bandara Soekarno Hatta akan mencapai puncaknya. Seperti prediksi di awal, puncak arus mudik lebaran akan dipenuhi lebih dari 188 ribu penumpang.

"Ramenya itu di pagi hari,"katanya.

Sementara, untuk mengamankan hal tersebut, pihaknya mengerahkan sekitar 7.000 petugas gabungan mulai dari Aviation Security, TNI-Polri, hingga petugas yang berjaga di posko pelayanan terpadu.

"Secara total tidak kurang dari 7000 petugas di Bandara Soekarno-Hatta ini, sudah termasuk bko dari TNI-Polri yang kemudian nanti tambahannya ada personil administrasi yang ditempatkan untuk membantu di pos atau check point yang telah ditetapkan," jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Posko Terpadu Beroperasi di Terminal 1 Bandara Soetta

Diketahui, PT Angkasa Pura (AP) II, buka posko Angkutan Lebaran yang berada di Terminal 1 B. Posko ini secara efektif mulai beroperasi pada Rabu (3/4/2024), hingga 18 April 2024 mendatang.

Fungsinya, akan digunakan untuk memantau kondisi pergerakan penumpang, pesawat, maupun lalu lintas di sekitar Bandara Soekarno-Hatta.

"Tadi pagi kita sudah melakukan rapat virtual secara nasional bersama Menhub sekaligus pembukaan posko nasional, artinya Posko Angkutan Lebaran Terpadu di Bandara Soekarno-Hatta, dan posko lainnya yang ada di terminal secara resmi sudah dibuka," ujar Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta, Dwi Ananda Wicaksana, Rabu (3/4/2024).

Melalui posko terpadu ini, petugas bisa memantau kepadatan yang terjadi di Bandara Soekarno-Hatta dan area sekitarnya melalui kamera pengawas yang tersebar di berbagai lokasi, mulai dari area check in, area bagasi, hingga pintu masuk menuju Bandara Soekarno-Hatta.

"Di dalam posko kelengkapannya adalah display untuk cctv yang bisa menampilkan area area contohnya check ini lalu lintas dll untuk mengantisipasi atau memonitor kondisi kepadatan lalu baik lintas ataupun penumpang," kata Dwi Ananda.

Selain itu, posko juga dilengkapi dengan jadwal penerbangan di setiap terminal, prediksi pergerakan pesawat dan penumpang. Serta perkiraan cuaca dan tayangan pergerakan pesawat melalui aplikasi yang berbasis flight radar.

3 dari 3 halaman

Personel Pengamanan

Sementara, untuk personel pengamanan arus mudik lebaran tahun ini, akan ada 7000 petugas gabungan termasuk bantuan dari TNI-Polri. Karyawan administrasi juga akan diterjunkan untuk ditempatkan di berbagai posko untuk membantu pelayanan petugas lainnya.

"Petugas secara total tidak kurang dari 7000 petugas di Soetta sudah termasuk bantuan dari TNI kemudian nanti tambahannya adalah personil administrasi yang juga kita tempatkan untuk membantu di pos-pos tertentu," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.