Sukses

Ketua Umum Projo: Jokowi dan Prabowo Solid, Jangan Diadu Domba

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Pertahanan sekaligus calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto, duduk satu meja saat acara buka puasa bersama di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (28/3/2024).

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Pertahanan sekaligus calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto, duduk satu meja saat acara buka puasa bersama di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (28/3/2024).

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie mengatakan hal itu pertanda bahwa Presiden Jokowi dan Prabowo solid. Sehingga, dia meminta kepada pihak lain agar tidak mengadu domba kedua tokoh itu.

"Oh iya solid, makanya jangan diadu domba. Pak Jokowi dan Pak Prabowo solid," kata Budi Arie saat diwawancarai di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (28/3/2024).

Saat ditanya, apa saja yang dibicarakan antara Presiden Jokowi dan Prabowo saat duduk satu meja, menurut Budi Arie, hanya berbincang ringan. "Ya ngobrol-ngobrol ringan," ucap Budi Arie.

Ketua Umum Projo itu menegaskan tidak ada pembahasan soal pemerintahan selanjutnya yang akan diteruskan oleh Prabowo dan Gibran Rakabuming Raka itu.

"Ya belumlah, ini kan forumnya forum buka puasa bersama. Yang pasti kan kehangatan, keakraban, kan dilihat," jelas Budi Arie.

Lebih lanjut, Budi Arie menjelaskan posisi duduk tersebut juga karena berdasarkan jabatan di kabinet. Yang mana, presiden dan wapres duduk dengan para menteri koordinator.

Sementara, Prabowo duduk bersama Presiden Jokowi lantaran Prabowo merupakan presiden terpilih 2024.

"Loh ya enggak apa-apa, kan (Prabowo) sudah presiden selected, masa enggak boleh. Boleh, kan sudah elected," ucap Budi Arie.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Gelar Buka Puasa Bersama Para Menteri, Duduk Satu Meja dengan Prabowo

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin menggelar acara buka puasa bersama para menteri kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta, Kamis (28/3/2024). Jokowi telah tiga tahun tidak menggelar buka puasa bersama, sejak pandemi Covid-19 pada 2020.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, sejumlah menteri kabinet telah tiba di Istana Negara sejak pukul 16.45 WIB. Sambil menunggu Jokowi, para menteri tampak asyik berbincang dan bercanda.

Sementara itu, Jokowi dan Ma'ruf memasuki Istana Negara pada pukul 17.13 WIB. Saat Jokowi tiba, para menteri telah duduk di kursi dan meja yang disediakan. Satu meja diisi oleh 4 sampai 6 orang menteri.

Jokowi dan Ma'ruf lalu menyalami para menteri. Keduanya lalu duduk satu meja dengan Menteri Pertahanan sekaligus presiden terpilih periode 2024-2029, Prabowo Subianto, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, dan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Hadi Tjahjanto

Namun, Jokowi dan Prabowo yang sama-sama memakai kemeja putih tidak duduk bersebelahan. Airlangga duduk di antara Jokowi dan Prabowo.

Acara buka puasa bersama ini dimulai dengan pembacaan ayat suci Alquran. Kemudian, dilanjutkan tausiah yang disampaikan oleh Ma'ruf Amin.

Sejumlah menteri yang turut hadir dalam acara ini antara lain, Menhub Budi Karya Sumadi, Menlu Retno Marsudi, Menkeu Sri Mulyani, Menkes Budi Gunadi Sadikin, Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono, Menparekraf Sandiaga Uno.

Kemudian, ada Menpan RB Azwar Anas, Menpora Dito Ariotedjo, Seskab Pramono Anung, Mendag Zulkifli Hasan, Menkominfo Budi Arie Setiadi, Menag Yaqut Cholil Qoumas, Mensesneg Pratikno, Menkop UKM Teten Masduki.

Tampak pula Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Jaksa Agung ST Burhanuddin, hingga Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni.

 

Reporter: Alma Fikhasari

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.