Sukses

Cuaca Hari Ini Selasa 26 Maret 2024: Langit Pagi Jabodetabek Cerah Berawan

Seluruh wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) langit paginya pada hari ini, Selasa (26/3/2024) diprakirakan cerah berawan, kecuali Kepulauan Seribu hujan ringan. Demikianlah prediksi cuaca hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Seluruh wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) pada pagi hari ini, Selasa (26/3/2024), diprakirakan cerah berawan, kecuali Kepulauan Seribu hujan ringan. Demikianlah prediksi cuaca hari ini.

Berdasarkan laporan cuaca yang disampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Jakarta siang nanti keseluruhannya diprakirakan berawan, kecuali Jakarta Selatan dan Jakarta Timur hujan dengan intensitas ringan.

Untuk malam hari nanti, cuaca Jakarta diprediksi keseluruhannya bakal berawan, tanpa ada hujan sama sekali.

Wilayah penyangganya yaitu Bekasi, Jawa Barat, siang hari diprakirakan BMKG berawan, namun malam nanti hujan berintensitas ringan. Kemudian di Depok dan Kota Bogor, Jawa Barat, diprediksi siang hingga malam nanti hujan ringan.

"Waspada potensi hujan di sertai kilat/petir dan angin kencang pada siang hingga malam hari di sebagian wilayah Kabupaten dan Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten dan Kota Bekasi, Kabupaten Karawang. Pada dini hari di sebagian wilayah Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang," kata BMKG.

Sedangkan di Kota Tangerang, Banten diprakirakan siang nanti berawan, dan malam harinya berawan tebal.

Berikut informasi prakiraan cuaca Jabodetabek selengkapnya yang dikutip Liputan6.com dari laman resmi BMKG www.bmkg.go.id:

 Kota  Pagi  Siang   Malam 
 Jakarta Barat  Cerah Berawan  Berawan   Berawan
 Jakarta Pusat   Cerah Berawan  Berawan  Berawan
 Jakarta Selatan   Cerah Berawan  Hujan Ringan  Berawan
 Jakarta Timur   Cerah Berawan  Hujan Ringan  Berawan
 Jakarta Utara   Cerah Berawan  Berawan  Berawan
 Kepulauan Seribu   Hujan Ringan  Berawan  Berawan
 Bekasi   Cerah Berawan  Berawan  Hujan Ringan
 Depok   Cerah Berawan  Hujan Ringan  Hujan Ringan
 Kota Bogor   Cerah Berawan  Hujan Ringan  Hujan Ringan
 Tangerang  Cerah Berawan  Berawan  Berawan Tebal

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pakai Sunscreen di Cuaca Ekstrem untuk Tetap Jaga Kulit Tetap Sehat dan Jauhi Kanker

Sebelumnya, Dokter spesialis kulit dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI), Dr Arini Astasari Widodo SM SpDVE, menegaskan bahwa penggunaan sunscreen tetap menjadi langkah yang efektif dalam melindungi kulit, terutama ketika cuaca ekstrem dan tidak menentu kayak sekarang.

Ia menyatakan bahwa penggunaan sunscreen menjadi sangat penting di Indonesia yang memiliki iklim tropis dengan paparan sinar matahari yang intensif sepanjang tahun.

Dikutip dari situs Antara, Senin, 25 Maret 2024, Arini menjelaskan bahwa sunscreen memberikan perlindungan pada kulit dari paparan sinar matahari yang mengandung radiasi ultraviolet (UV), yang dapat menyebabkan penuaan dini dan kerusakan kulit.

Selain itu, penggunaan sunscreen juga dapat mencegah kulit dari sunburn akibat paparan sinar matahari. Juga membantu kulit terlihat lebih sehat dan jauh lebih muda. Hal ini terjadi karena sunscreen menjauhkan kulit dari potensi munculnya garis halus dan kerutan di sejumlah bagian.

Lebih lanjut dosen dan peneliti di Fakultas Kedokteran UKRIDA, mengatakan, penggunaan sunscreen secara teratur juga dapat membantu mengurangi risiko terkena kanker kulit.

"Paparan sinar UV yang berlebihan dapat meningkatkan risiko terkena kanker kulit, dan sunscreen dapat menjadi perlindungan efektif terhadap risiko tersebut," ujar Arini.

3 dari 4 halaman

Jangan Abaikan Penggunaan Sunscreen

Arini juga menyoroti pentingnya untuk melindungi kulit dari radikal bebas yang dihasilkan oleh paparan sinar matahari.

Penggunaan sunscreen, kata dia, dapat membantu menjaga kesehatan kulit, tapi harus dikombinasikan dengan tindakan lain seperti mengenakan pakaian pelindung, topi, dan menghindari paparan sinar matahari secara langsung pada puncak intensitasnya.

Meskipun penting, Dr Arini menekankan bahwa seringkali orang mengabaikan penggunaan sunscreen dan perlindungan terhadap sinar matahari. Hal ini dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan kulit.

Oleh sebab itu, dia mengingatkan pentingnya untuk membiasakan diri menggunakan sunscreen setiap hari, terutama saat beraktivitas di luar ruangan.

"Penggunaan sunscreen harus menjadi bagian dari rutinitas perawatan kulit sehari-hari, tidak hanya pada saat cuaca cerah atau ketika berada di luar ruangan," katanya.

"Perlindungan terhadap sinar matahari diperlukan sepanjang tahun untuk mencegah kerusakan kulit jangka panjang," jelas Arini.

4 dari 4 halaman

Tips Memilih Produk Sunscreen yang Cocok untuk Kulit

Sunscreen yang Anda pilih haruslah memiliki SPF minimal 30, lebih baik lagi SPF 50, terutama saat cuaca panas. Pilihlah formulasi produk sunscreen yang tepat berdasarkan jenis kulit Anda.

Jika Anda memiliki kulit kering pilihlah sunscreen yang bertekstur krim. Sunscreen lotion baik untuk kulit normal, sedangkan tekstur gel paling baik untuk kulit berminyak.

Anda juga harus memilih jenis sunscreen yang tepat untuk kulit Anda. Ada dua jenis sunscreen yaitu chemical and physical sunscreen

Chemical sunscreen cenderung lebih ringan tetapi bagi kulit sensitif, jenis ini dapat mengiritasi kulit. Sementara physical sunscreen lebih kecil kemungkinannya untuk mengiritasi kulit.

Penting juga memeriksa kandungan sunscreen untuk memastikan tidak ada bahan aktif yang dapat membahayakan kulit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.