Sukses

Bahlil Lempar Candaan ke Sandiaga Soal PPP Tak Lolos Parlemen, Jokowi Tertawa

Momen Bahlil Lahadila melempar candaan ke Sandiaga Uno soal PPP tak lolos parlemen terjadi saat Presiden Jokowi bersama para menteri kabinet melakukan pelaporan pajak tahunan di Istana Negara, Jakarta. Candaan Bahlil sempat membuat Jokowi dan para menteri yang hadir tertawa.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Investasi Bahlil Lahadalia melemparkan candaan kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno soal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang gagal masuk ke parlemen pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Tak tanggung-tanggung, candaan itu dilontarkan Bahlil di depan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan para menteri kabinet di Istana Negara, Jakarta, Jumat (22/3/2024).

Alhasil, Sandiaga pun ditertawakan oleh Jokowi dan sejumlah menteri. Momen ini terjadi usai Jokowi bersama Wapres Ma'ruf Amin dan para menteri Kabinet Indonesia Maju mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak Penghasilan (SPT Pph) di Istana Negara, Jumat.

Usai menunjukkan bukti pelaporan SPT pajak, Jokowi, Ma'ruf, dan para menteri berkumpul untuk mengobrol. Bahlil tiba-tiba melemparkan candaan soal PPP dan mengaitkannya dengan pelaporan pajak.

"Pak Sandi tadi mau bayar pajak lebih Pak, tapi PPP belum lolos," celetuk Bahlil kepada Jokowi.

Ucapan Bahlil itu sontak menjadi bahan tertawaan. Jokowi dan Sandiaga juga ikut tertawa mendengar guyonan Bahlil.

"Ditarik lagi ya?" ucap Sandiaga membalas candaan.

Meski sempat ikut tertawa, Jokowi langsung menyudahi candaan tersebut. Dia mengingatkan bahwa saat ini sedang acara pelaporan pajak.

"Ini pajak lho," kata Presiden Jokowi.

Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani sempat berkali-kali mengingatkan Bahlil soal ucapannya. Sri Mulyani memberi kode agar Bahlil Lahadalia menghentikan candaannya itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sandiaga Tak Tersinggung

Saat ditanya awak media, Sandiaga menanggapi santai candaan Bahlil. Dia mengaku tak tersinggung dengan candaan Bahlil soal gagalnya PPP lolos ambang batas parlemen 4 persen.

"Pak Bahlil ini kan selalu ada guyonnya. Guyonannya Pak Bahlil tadi, 'pembayaran pajaknya paling tinggi, tapi 4 persennya kurang'," tutur Sandiaga di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta.

"Enggak (tersinggung) orang kita temen dari kecil. Jadi Pak Presiden juga ketawa terus bilang, 'banyakin doa, Pak Sandi. Upayanya udah, doanya tambahin'," sambungnya.

Seperti diketahui, KPU telah mengumumkan hasil pemilu legislatif bersamaan dengan hasil pemilu presiden dan wakil presiden RI di kantor KPU Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Rabu malam (20/3/2024).

Hasil rekapitulasi KPU RI menunjukkan PPP berada di posisi ke-9 dengan perolehan 5.878.777 suara atau 3,87%.

 

3 dari 3 halaman

Dihadiri Luhut hingga AHY

Adapun kegiatan pelaporan SPT Pph ini dihadiri sejumlah menteri Kabinet Jokowi-Ma'ruf. Menteri yang hadir antara lain Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri BUMN Erick Thohir.

Kemudian Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Anas, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, hingga Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.