Sukses

Polda Metro Pulangkan 16 Pendemo yang Sempat Ditangkap Saat Demo di DPR-KPU

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi menyampaikan, pemulangan kepada 16 orang dilakukan setelah keterangan mereka diambil oleh penyidik dalam pemeriksaan.

Liputan6.com, Jakarta - Polda Metro Jaya telah memulangkan 16 orang dari massa pendemo yang sempat ditangkap akibat aksi unjuk rasa yang berujung ricuh di depan KPU dan DPR/MPR RI, Jakarta Pusat, Selasa 19 Maret 2024.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi menyampaikan, pemulangan kepada 16 orang dilakukan setelah keterangan mereka diambil oleh penyidik dalam pemeriksaan.

"Pemeriksaan sudah selesai terhadap 16 orang yang dilakukan pemeriksaan. sudah kembali," kata Ade Ary saat ditanya awak media, Rabu (20/3).

Meski telah dipulangkan, Ade Ary menyampaikan bahwa kasus kerusuhan demo ini masih berlanjut. Dengan mendalami apakah ada unsur pidana dalam aksi yang mereka lakukan.

Hal ini sekaligus membantah isu soal massa yang ditangkap polisi dalam demo Selasa (19/1) malam mencapai ratusan orang. Informasi tersebut tidaklah benar, sebab hanya ada 16 orang pendemo yang diamankan.

"Data yang ada di kami adalah 16 orang yang dilakukan pemeriksaan. 8 orang untuk mendalami peristiwa yang ada di DPR RI, 8 orang lagi yang ada di KPU RI," ucapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dianggap Ganggu Ketertiban

Sementara ke-16 orang yang sempat diamankan, karena dianggap mengganggu ketertiban dan keamanan.

Hal itu melanggar aturan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1998 tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka Umum.

"Tentunya ada alasan rekan petugas kepolisian melakukan pemeriksaan terdapat beberapa orang ini karena ada gangguan keamanan dan ketertiban tadi malam. Namun secara persuasif sudah dilakukan himbauan literasi komunikasi sudah dilakukan," ujar Ade Ary.

 

Reporter: Bachtiarudin Alam

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.