Sukses

Banyuwangi Festival 2024 Dimeriahkan 79 Event, Salah Satunya Tour de Ijen

International Banyuwangi Tour de Ijen tahun ini kembali digelar usai pandemi Covid-19.

Liputan6.com, Banyuwangi International Banyuwangi Tour de Ijen tahun dipastikan kembali digelar usai pandemi Covid-19. Ajang yang menghadirkan para pembalap kelas wahid dunia itu bakal digelar pada 22-25 Juli 2024

Selain International Banyuwangi Tour de Ijen, beberapa ajang berkelas juga akan digelar pada B-Fest tahun 2024 ini mulai dari Banyuwangi Ethno Carnival pada 9-14 Juli, Gandrung Sewu pada 24-26 Oktober, Jazz Festival pada 24 Agustus, hingga tradisi Kebo-keboan yang akan digelar pada 21 Juli.

Gandrung Sewu dan BEC tersebut merupakan agenda yang masuk dalam Kalender Event Nasional (KEN) Nusantara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani mengatakan bahwa 79 event yang terpilih itu berasal dari banyak usulan oleh berbagai pihak dan diseleksi oleh tim kurator.

"Seperti Tour Banyuwangi Ijen banyak minta agar digelar kembali, sehingga kami putuskan tahun ini digelar. Para kurator telah melakukan seleksi event-event yang diangkat masuk dalam kalender B-Fest 2024," katanya.

Rentetan ajang berskala nasional dan internasional itu pun menjadi sajian menarik bagi wisatawan yang hadir ke Banyuwangi sepanjang tahun 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ajang yang Ditunggu

Sebelumnya International Tour de Ijen Banyuwangi merupakan salah satu ajang yang paling ditunggu masyarakat Banyuwangi. Pasalnya, ajang tersebut memberikan suguhan atraksi sport tourism dan memberikan dampak secara aosial dan ekonomi masyarakat.

"Setiap bulannya, akan ada belasan event menarik yang bakal digelar di Banyuwangi. Ini akan manjadi daya tarik utama bagi para wisatawan dari dalam dan luar negeri," ujar Ipuk.

"Saya berharap event dalam B-Fest tahun ini bakal mendorong peningkatan ekonomi warga Banyuwangi dan B-Fest menjadi alat konsolidasi masyarakat Banyuwangi," jelasnya.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.