Sukses

AHY: Walaupun Pendatang Baru di Kabinet, Saya Merasa Nyaman

Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat sekaligus Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY, mengaku merasa nyaman berada di Kabinet Indonesia Maju.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat sekaligus Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY, mengaku merasa nyaman berada di Kabinet Indonesia Maju.

Walaupun, kata AHY sebagai pendatang baru di kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi)-Wakil Presiden Ma'ruf Amin, banyak tokoh yang menyambutnya dengan terbuka.

"Saya bersyukur walaupun sebagai pendatang terakhir, pendatang baru, begitu masuk, saya merasa nyaman mengapa? Karena para sahabat yang ada di Kabinet Indonesia Maju juga menerima dengan tangan terbuka, begitu hangat," kata AHY di DPP Partai Demokrat, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (8/3/2024).

AHY menyebut, dia sering sowan kepada para tokoh yang telah lama berada di Kabinet Indonesia Maju. Sebagaimana, ujar AHY tradisi yang kerap dilakukan di Demokrat.

"Tentu tidak hanya formalitas, tidak hanya omon-omon, tapi ada substansinya, ada materinya dan ini yang menjadi kekuatan dalam kita menjalankan tugas," ucap AHY.

Menurut AHY, sowan hampir setiap hari ia lakukan di sela-sela kegiatan rapat maupun kala turun ke lapangan.

Dia menyebut, silahturahmi dijalin tidak hanya dengan para menteri di Kabinet Indonesia Maju tapi juga di lembaga lain yang menjadi mitra Kementerian ATR/BPN.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Minta Kader Demokrat Jaga Jokowi

Adapun AHY dilantik Jokowi sebagai Menteri ATR/BPN pada 21 Februari 2024. Bergabungnya AHY di kabinet Jokowi-Ma'ruf, mengakhiri perjalanan 9 tahun 4 bulan Partai Demokrat sebagai oposisi pemerintah.

Oleh sebab itu, AHY mengajak kader dan jajaran DPP Partai Demokrat untuk mengawal pemerintahan Presiden Jokowi hingga habis masa jabatan 20 Oktober 2024.

Demokrat, kata dia juga akan menjadi bagian penting dari pemerintahan lima tahun ke depan.

"Setelah ini kita akan terus melakuka konsolidasi, 20 Maret menjadi salah satu milestone, tapi setelah itu kita kembali kepada komitmen awal kita, kita ingin merangkul semuanya," ujar AHY.

3 dari 3 halaman

AHY Depan Kader Demokrat soal Dirinya Dilantik Jadi Menteri: Itulah Jalan Tuhan

Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), meyakini banyak kader yang terkejut saat mengetahui ia dilantik sebagai Menteri ATR/BPN oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 21 Februari 2023 lalu.

AHY menganggap jabataban Menteri ATR/BPN yang diberikan kepadanya itu sebagai jalan dari Tuhan dan amanah yang harus dipertanggungjawabkan. AHY bakal mengemban jabatan Menteri ATR/BPN hingga masa kepemimpinan Jokowi berakhir 20 Oktober 2024.

Meski begitu, AHY tidak menduga bakal ada dinamika di pemerintahan pusat. Setidaknya, sampai hari pengumuman hasil rekapitulasi suara Pemilu 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

"Sesuatu yang cukup mengejutkan pastinya bagi kader yang masih sibuk mengawal suara karena kita menduga bahwa sampai dengan 20 Maret tidak ada dinamika yang terjadi di tingkat pusat. Tetapi itulah jalannya, itulah jalan Tuhan," kata AHY di DPP Partai Demokrat, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (8/3/2023).

AHY mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi karena mempercayai jabatan Menteri ATR/BPN kepadanya. Karena dengan demikian Demokrat bisa kembali berperan di pemerintahan setelah menjadi oposisi selama 9 tahun 4 bulan.

"Mengapa di ATR/BPN? Tentu bagi kita, kita bersyukur masuk ke pemerintahan, dan sebagai seorang prajurit, warga negara yang baik, mendapatkan tugas, misi dari presidennya harus dijalankan sepenuh hati," ucap AHY.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.