Sukses

7 Fakta Terkait Presiden Jokowi Main Bola Bareng Kaesang di Sleman Yogyakarta

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bermain sepak bola bareng Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (Ketum PSI) Kaesang Pangarep dan Sekjen PSI Raja Juli Antoni main bola bareng di Lapangan Gamplong, Moyudan, Sleman, Yogyakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bermain sepak bola bareng Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (Ketum PSI) Kaesang Pangarep. Ikut pula Sekjen PSI Raja Juli Antoni bermain sepak bola bareng di Lapangan Gamplong, Moyudan, Sleman, Yogyakarta.

Jokowi bermain menggunakan kaos timnas Indonesia dan topi sebagai penjaga gawang di bawah guyuran hujan deras. Dia nampak satu tim dengan Kaesang, sementara Raja Juli Antoni menjadi lawannya.

Presiden Jokowi tampak bersemangat bermain bersama klub sepak bola anak di sana. Dalam pertandingan tersebut, Jokowi mendapatkan posisi kiper. Di tengah hujan deras, pertandingan berlangsung meriah. Warga yang hadir menyaksikan turut antusias.

Anak-anak di sana berhasil melesakkan bola ke gawang yang dijaga Jokowi. Bukan cuma satu tapi dua gol yang berhasil anak-anak masukkan ke gawang Jokowi.

"Tadi saya tidak berada di posisi kiper, tapi dipaksa jadi kiper," kata Jokowi sambil tertawa dalam video yang diunggah Sekretariat Presiden ditulis Minggu, 28 Januari 2024.

"Kebobolan dua," kata Jokowi mengakui.

Meski harus bermain bola di tengah guyuran hujan deras, Jokowi mengaku dirinya sehat. Sebab, banyak orang khawatir akan memengaruhi kesehatan pria 62 tahun itu.

Usai pertandingan, Jokowi mengatakan bahwa pertandingan tersebut digelar untuk menyambut lolosnya tim nasional Indonesia ke babak 16 besar Piala Asia 2023 di Qatar. Dia juga ingin memberikan dorongan semangat bagi masyarakat dalam mendukung tim Garuda.

"Ya ini pertama untuk menyambut masuknya timnas kita ke 16 besar Piala Asia dan kita ingin memberikan semangat kepada rakyat untuk memberikan dukungan penuh," kata Jokowi.

Berikut sederet fakta terkait Presiden Jokowi main bola bareng Ketum PSI Kaesang Pangarep dan Sekjen PSI Raja Juli Antoni bermain sepak bola bareng di Lapangan Gamplong, Moyudan, Sleman, Yogyakarta dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Main Bola Sambil Hujan-hujanan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bermain bola bersama Ketum PSI Kaesang Pangarep dan Sekjen PSI Raja Juli Antoni di Lapangan Gamplong, Moyudan, Sleman, pada Sabtu 27 Januari 2024.

Jokowi bermain menggunakan kaos timnas Indonesia sebagai penjaga gawang di bawah guyuran hujan deras. Dia nampak satu tim dengan Kaesang, sementara Raja Juli Antoni menjadi lawannya.

Di tengah hujan deras, pertandingan berlangsung meriah. Warga yang menyaksikan turut antusias.

Dalam pertandingan ini, Jokowi harus dua kali memungut bola di dalam gawangnya. Pertandingan ini hanya berlangsung selama 15 menit.

Sebelum pertandingan dimulai, Jokowi menyempatkan untuk bersalaman dan membagikan kaos ke anak-anak yang sedang bertanding.

 

3 dari 8 halaman

2. Jokowi Jadi Kiper, Kebobolan 2 Gol Saat Lawan Anak-Anak Sleman

Akhir pekan Sabtu 27 Januari 2024, Presiden Jokowi menyempatkan bermain sepak bola bersama anak-anak di Desa Gamplong, Moyudan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Di bawah hujan deras yang mengguyur pada Sabtu, 27 Januari 2024, Jokowi yang mengenakan jersey merah timnas Indonesia dan topi tampak bersemangat bermain bersama klub sepak bola anak di sana.

Dalam pertandingan tersebut, Jokowi mendapatkan posisi kiper. Anak-anak di sana berhasil melesakkan bola ke gawang yang dijaga Jokowi. Bukan cuma satu tapi dua gol yang berhasil anak-anak masukkan ke gawang Jokowi.

"Tadi saya tidak berada di posisi kiper, tapi dipaksa jadi kiper," kata Jokowi sambil tertawa dalam video yang diunggah Sekretariat Presiden ditulis Minggu, 28 Januari 2024.

"Kebobolan dua," kata Jokowi mengakui.

 

4 dari 8 halaman

3. Adanya Jokowi Bikin Anak-Anak Semangat dan Senang Bermain Sepak Bola

Fariz merupakan salah satu anak yang berhasil membobol gawang Jokowi dalam pertandingan sepak bola kemarin. Ia pun tak menyangka bisa melesakkan bola ke gawang orang nomor satu di Indonesia itu.

"Gembira dan tak menyangka bisa membobol gawang Pak Presiden," kata Fariz usai pertandingan.

Awalnya, Fariz dan kawan-kawannya bermain bola seperti biasa. Namun, di tengah-tengah pertandingan sepak bola, Presiden Jokowi datang dan ikut bermain.

Pelatih sepak bola, Agam, yang biasa melatih anak-anak di Moyudan juga ikut kaget saat diberitahu Presiden Jokowi bakal datang dan turut serta bermain. Ia pun berharap kehadiran Jokowi membuat anak latihnya makin semangat.

"Semoga bisa memotivasi mereka menjadi lebih baik lagi," kata Agam.

Sepanjang pertandingan, Agam melihat permainan antara anak latihnya dengan Jokowi sudah baik. Ia juga melihat para remaja itu senang.

"Sudah bisa memberikan permainan terbaik. Yang penting bisa enjoy. Dalam sepak bola itu yang penting senang," kata Agam.

 

5 dari 8 halaman

4. Jokowi Mengaku Sehat, Tak Masalah Kehujanan

Pada pengujung pertandingan, tim yang diperkuat Presiden Jokowi harus mengakui keunggulan lawan dengan skor 2-1.

Bermain sepak bola di bawah hujan deras membuat banyak orang khawatir akan memengaruhi kesehatan pria 62 tahun itu. Namun, Jokowi mengaku dirinya sehat.

"Kena kepala (basah)," kata Jokowi.

"Basah kuyup gini enggak tahu. Tapi sehat kok, semuanya sehat, semuanya sehat," tutur ayah tiga anak itu kepada awak wartawan.

 

6 dari 8 halaman

5. Jokowi Main Bola Untuk Dukung Timnas Indonesia di Piala Asia

Jokowi mengatakan bahwa pertandingan bersama anak-anak remaja di Sleman untuk menyambut lolosnya tim nasional Indonesia ke babak 16 besar Piala Asia 2023 di Qatar.

Ia juga ingin memberikan dorongan semangat bagi masyarakat dalam mendukung tim Garuda.

"Ya ini pertama untuk menyambut masuknya timnas kita ke 16 besar Piala Asia dan kita ingin memberikan semangat kepada rakyat untuk memberikan dukungan penuh," ujar Jokowi.

Seperti diketahui, Indonesia mencetak sejarah setelah untuk pertama kalinya lolos ke babak 16 besar Piala Asia. Tim Merah Putih akan menghadapi Australia pada Minggu, 28 Januari 2024 malam.

"Kita harapkan kita mendapatkan poin dari sana sehingga bisa melaju ke babak berikutnya," jelas Jokowi.

 

7 dari 8 halaman

6. Sekjen Raja Juli Sebut Hati dan Jiwa Jokowi di PSI

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bermain bola bersama Ketum PSI Kaesang Pangarep dan Sekjen PSI Raja Juli Antoni di Lapangan Gamplong, Moyudan, Sleman, pada Sabtu 27 Januari 2024.

Terkait hal itu, Raja Juli mengisyaratkan bahwa hati dan jiwa Jokowi berada di PSI.

"Saya kira apa yang dikatakan Mas Kaesang bahwa hati, jiwa Pak Jokowi di PSI, hari ini gayung bersambut. Pak Jokowi mengajak Mas Kaesang dan saya untuk main bola bareng dan kemudian belanja dan menyapa masyarakat di Mal Ambarrukmo," kata Raja Juli dalam keterangannya, Minggu 28 Januari 2024.

 

8 dari 8 halaman

7. Kaesang dan Sekjen PSI Kompak Pakai Jersey Nomor 15

Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep menggungah foto dirinya bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Sekretaris Jenderal PSI, Raja Juli Antoni melalui akun instagram pribadinya.

Dalam foto tersebut, Jokowi yang menggunakan kaos lengan panjang hijau terlihat serius berbincang kepada Kaesang Pangarep dan Raja Juli antoni.

Di hadapan Jokowi, Kaesang Pangarep dan Raja Juli Antoni kompak mengenakan jersey bernomor punggung 15. Seperti diketahui, angka tersebut juga merupakan nomor urut PSI dalam Pemilu 2024.

"Pelatih sedang memberikan arahan,"tulisnya dalam akun @kaesangp, Sabtu 27 Januari 2024.

Tak hanya itu, foto yang diunggah tersebut juga menggunakan fitur kolaborasi antara Kaesang dengan Raja Juli Antoni. Sehingga, mendapat tanggapan beragam dari para pengikutnya di media sosial.

"Pertanda PSI bakal jadi partai besar,"@siddhi_almi turut mengomentari.

"Sehat selalu bapak presiden kesayanganku pak Jokowi," ungkap @icha_warna.

"Coachnya keren," @sheismanda ikut menimpali.

Sekedar informasi, di hari yang sama Jokowi memiliki agenda bermain bola bersama Kaesang Pangarep dan Raja Juli Antoni di Lapangan Gamplong, Moyudan, Sleman, Yogyakarta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.