Sukses

Penuhi Panggilan Polisi, Aiman Kembali Tegaskan Pernyataannya Hanya untuk Sampaikan Kritik

Dalam kesempatan itu, Aiman kembali mempertanyakan alasan polisi masih menindaklanjuti laporan tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara TPN Ganjar-Mahfud, Aiman Witjaksono penuhi panggilan polisi untuk diperiksa sebagai saksi kasus dugaan penyebaran hoaks tentang aparat kepolisian tidak netral pada Pemilu 2024. Dia diperiksa di Polda Metro Jaya, Jumat (26/1/2024).

Dalam kesempatan itu, Aiman kembali mempertanyakan alasan polisi masih menindaklanjuti laporan tersebut.

Menurut Aiman, isu netralitas aparat penegak hukum ramai dibahas oleh publik selama tahapan pemilu 2024.

"Justru malah saya yang menyampaikan mengingatkan itu malah diproses pidana. Ini hal yang tentunya menjadi pertanyaan, tidak hanya bagi saya tapi juga banyak publik," kata Aiman di Polda Metro Jaya, Jumat (26/1/2024).

Aiman kemudian menyinggung beberapa media massa yang juga mengungkit masalah netralitas aparat penegak hukum dalam pemilu. Namun, yang menjadi pertanyaan apakah media-media ini dituding menyebarkan berita bohong seperti yang dituduhkan kepadanya.

"Tentu jawabannya kan tidak," ucap dia.

Karena itu, Aiman heran bila proses hukum yang menimpa dirinya terus dilanjutkan. Kendati, Aiman mengegaskan, ia sebagai warga negara yang baik akan terus mengikuti proses hukum.

"Dan saya yakin juga para penyidik, para pejabat di Polda Metro Jaya sudah tentu di lingkup kepolisian ini profesional menghadapi peristiwa ini," ujar dia.

"Sehingga hal-hal seperti ini tentunya ini menjadi catatan juga untuk publik bahwa ini kritik bukan seharusnya pada proses pidana," sambung dia.

Aiman hadir didampingi advokat yang tergabung dalam Baki Gama 03 dan tim hukum TPN Ganjar-Mahfud serta relawan. Kehadiran mereka, kata Aiman sebagai bentuk dukungan karena ini bukan lagi bicara soal pribadi.

"Tapi hal yang sifatnya mengkritik tapi kemudian berujung pada proses pidana," ucap dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kasus Aiman Naik Sidik, Pengacara: Hukum Itu Melindungi Kebebasan Berpendapat, Bukan Membungkam

Pengacara Aiman Witjaksono, Ronny Talapessy, kecewa terhadap Polda Metro Jaya yang menaikkan status perkara kliennya ke penyidikan. Aiman Witjaksono sebelumnya dilaporkan karena diduga menuding polisi tidak netral.

Menurut dia, kasus ini merupakan bentuk pembungkaman dalam kebebasan berpendapat.

"Kami agak kecewa mengapa hal-hal terkait kebebasan berpendapat kini mendapat tantangan serius karena diperhadapkan dengan hukum. Padahal seharusnya hukum itu melindungi hak rakyat dalam hal kebebasan berpendapat, bukan malah sebaliknya dibungkam dan dikriminalisasi," kata Ronny, Jumat (29/12/2023).

Dia juga menyoroti kasus jubir Timnas AMIN Nurindra B Charismiadji atau Indra Charismiadji yang tiba-tiba saja menjadi tersangka karena terseret kasus penggelapan pajak dan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Bukan maksud menuduh, kata dia, semua yang serba kebetulan tersebut tentunya harus betul-betul diawasi. Salah satunya dengan mengingatkan aparat penegak hukum tetap netral dalam Pemilu 2024 ini.

"Kami dari TPN kembali mengingatkan penegak hukum dalam hal ini aparat Polri untuk tetap netral di pemilu dan tidak menggunakan hukum sebagai instrumen dalam rangka menekan tim-tim paslon tim capres tertentu," ujar Ronny.

"Soalnya, kami heran mengapa semua serba kebetulan dan bersamaan tim-tim capres tertentu mendapat tekanan dari sisi hukum," sambung dia.

Kendati demikian, mantan pengacara Bharada Richard Eliezer itu tetap menghormati proses hukum yang sedang berjalan di Polda Metro Jaya. Pihaknya tengah menyiapkan strategi hukum dalam hal pendampingan terhadap Aiman.

 

3 dari 4 halaman

Naik Sidik

Sebagaimana diketahui, penanganan kasus dugaan tudingan oleh Jubir Tim Pemenangan (TPN) Capres Cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md, Aiman Witjaksono naik dari 'penyelidikan' menjadi 'penyidikan'. Aiman menuding polisi yang dianggap tidak netral dan mendukung pasangan Capres Cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka.

"Yang jelas naik sidik," kata Direskrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak kepada wartawan, Jumat (29/12).

Status perkara tersebut dinaikkan usai kepolisian mendapati adanya dugaan tindak pidana yang dilakukan oleh mantan jurnalis senior tersebut melalui gelar perkara yang dilakukan Kamis (28/12).

"Melakukan gelar perkara untuk perkara terlapor AW naik sidik," ucap Ade.

Sementara perihal akan lanjutan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi akan dilakukan, hanya saja Ade belum membeberkan kapan akan dilakukan.

4 dari 4 halaman

Pasal Sangkaan

Diketahui, Aiman turut dilaporkan atas Pasal 28 (2) Jo Pasal 45 Ayat (2)UU RI NO.19 Th 2016 tentang perubahan atas UU RI NO. 1 Th 2008 Tentang ITE dan atau Pasal 14 dan atau Pasal 15 Undang-undang No.1 TH 1946 Tentang Peraturan Hukum Pidana.

Buntut pernyataan Juru Bicara TPN Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, Aiman Witjaksono perihal dugaannya atas tidak netralnya oknum Anggota Polisi pada Pemilu 2024.

Salah satu laporan dibuat oleh Aliansi Masyarakat Sipil Untuk Demokrasi. Laporan tercatat dengan nomor LP/B/6813/XI/2023/SPKT/POLDA METRO JAYA.

Menurut pelapor Fikri Fakhruddin, pernyataan Aiman Witjaksono tidak berbasis data yang konkret dan valid. Dia menilai Aiman telah menyebarkan berita bohong atau hoaks.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.