Sukses

Diskusi UMKM Bersama Pemuda Manado, Alam Ganjar Sebut Teknologi Adalah Senjata Utama

Muhammad Zinedine Alam Ganjar dan kelompok pemuda di Manado berdiskusi soal bagaimana pelaku UMKM bisa terus berinovasi.

Liputan6.com, Jakarta Muhammad Zinedine Alam Ganjar dan kelompok pemuda di Manado berdiskusi soal bagaimana pelaku UMKM bisa terus berinovasi.

Hal itu disampaikan saat Creative Talk 'Pengembangan Inovasi UMKM Berbasis Kerakyatan Bagi Gen Z' di Warkop Corner 52 di Manado, Sulawesi Utara, Sabtu (20/1/2024).

Alam menjelaskan, saat ini UMKM harus berpadu dengan teknologi dalam upaya pengembangannya. Artinya, pelaku UMKM dan pelaku industri digital harus bersinergi demi berinovasi.

"Senjata utama UMKM saat ini adalah teknologi karena saat ini pelaku industri dituntut harus terampil dalam mengakses fitur dan memanfaatkan apps untuk berjualan menggunakan gadget," kata Alam seperti dikutup dari siaran pers, Minggu (21/1/2024).

Alam melanjutkan, saat ini pemanfaatan internet dan sosial media adalah medium belajar dan memperoleh informasi terkait pengembangan model bisnis seperti apa yang tepat untuk pelaku industri UMKM.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Banyak Inspirasi

Karena dengan sosial media, Alam percaya banyak referensi dan inspirasi yang bisa dimodifikasi sesuai dengan karakter masing-masing pelaku UMKM.

“Jadi apabila kita bisa gunakan ini (sosial media) tentu akan mempercepat perkembangan pelaku industri usaha," yakin Alam.

 

3 dari 3 halaman

Bertemu Masyarakat

Sebagai informasi, pada diskusi ini Alam ditemani oleh Orlan Maleke selaku Founder Putra Tani Makobang.

Acara tersebut dipandu oleh Wulan Pangarepan sebagai moderator.

Diketahui usai kegiatan berakhir, putra dari calon presiden Ganjar Pranowo ini bergegas menuju bandara untuk melanjutkan perjalanan ke destinasi berikutnya.

Selama di Manado, Alam terlihat berada di warung Aheng untuk menikmati sarapan pagi bersama masyarakat. Bersama masyarakat, Alam menyantap menu mie cakalang dan masakan khas Manado.

Dia berharap kelak bisa kembali ke Sulawesi Utara, mengenalkan keindahan alam dan kuliner yang dimiliki wilayah tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.