Sukses

Komunitas Perempuan Pertiwi Indonesia Gelar Baksos Operasi Katarak, Bantu Warga Bandung Jabar

Komunitas Perempuan Pertiwi Indonesia menggelar kegiatan bakti sosial (baksos) operasi katarak di RSUD Cikalong Wetan, Bandung, Jawa Barat (Jabar) pada hari ini, Selasa (16/1/2024).

Liputan6.com, Jakarta - Komunitas Perempuan Pertiwi Indonesia menggelar kegiatan bakti sosial (baksos) operasi katarak di RSUD Cikalong Wetan, Bandung, Jawa Barat (Jabar) pada hari ini, Selasa (16/1/2024).

Kegiatan Komunitas Perempuan Pertiwi Indonesia mendapat dukungan penuh dari Pos Indonesia ini awalnya diikuti oleh 100 peserta.

Namun rupanya, antusiasme masyarakat mengikuti kegiatan ini cukup besar. Bahkan, sebelum tanggal pendaftaran ditutup pada 10 Januari 2024, tercatat sudah 150 orang mendaftarkan diri.

"Kita dibantu relawan-relawan mencari peserta. Sebetulnya dua minggu sejak dibuka pendaftaran, sudah ada pendaftar 150 orang, padahal target kita hanya 100 orang. Jadi kita tutup sebelum hari H karena antusiasme masyarakat. Mudah-mudahan semuanya bisa dioperasi semuanya, dengan syarat mereka sehat dan siap dioperasi," ujar Ketua Pertiwi Jawa Barat Silvia Puspa Dianita yang disampaikan melalui keterangan tertulis, Selasa (16/1/2024).

Dia menjelaskan, penyelenggaraan baksos operasi katarak tersebut merupakan rangkaian kegiatan peringatan Hari Ibu 2023.

Ada pun pemilihan lokasi operasi katarak di RSUD Cikalong Wetan karena telah lama di rumah sakit tersebut tidak diadakan operasi katarak, serta banyak warga Bandung Barat yang setelah didata banyak mengalami gangguan penglihatan khususnya para lansia.

"Pertiwi ini organisasi perempuan, fokus pada pemberdayaan wanita. Nah, penyelenggaraan baksos ini dalam rangka Hari Ibu 2023, agak tertunda sedikit karena mengatur schedule dengan dokter mata Perdami (Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia), dapatnya tanggal 16 Januari. Kita pilih di RSUD Cikalong Wetan karena di sini sudah tidak melakukan operasi katarak sejak tiga tahun lalu, sebelum pandemi," ucap Silvia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Diharap Bisa Jadi Agenda Tahunan

Silvia mengatakan, Pertiwi Jabar berharap penyelenggaraan baksos operasi katarak ini ke depan dapat menjadi agenda tahunan, mengingat masih banyak pasien yang membutuhkan dan juga adanya dukungan dari sejumlah sponsor.

"Harapannya dengan baksos ini mudah-mudahan bisa membantu kesehatan mata masyarakat supaya bisa melihat kembali bagi yang memiliki penyakit katarak," ucap dia.

"Setelah kami informasikan kepada sponsor-sponsor, mereka mau jadi sponsor utama. Mereka mau pesertanya jangan cuma 150. Donatur-donatur mengalir, mereka senang. Mudah-mudahan baksos ini menjadi agenda tahunan, mudah-mudahan nanti ada agenda selain baksos," jelas Silvia.

Sementara itu, Sekretaris Jendral Pertiwi Indonesia, Dara Eriza Iswari menyampaikan, Pertiwi Indonesia memang memiliki bidang kesehatan dan sosial.

Dan Pertiwi Jabar, kata Dara, melakukan kegiatan baksos operasi katarak sehingga pihaknya sangat mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan ini.

"Dengan adanya operasi katarak ini bisa membantu masyarakat khususnya warga di kabupaten bandung barat. Terlebih kegiatan ini mendapat dukungan dari Pos Indonesia," ucap Dara.

 

3 dari 4 halaman

Kerja Sama dengan Pos Indonesia

Menurut Dara, kerja sama dengan Pos Indonesia juga bukan untuk yang pertama kali dilakukan oleh Yayasan Pertiwi Indonesia. Sebelumnya, kata dia, pernah ada sosilisasi kesehatan melalui film Kartu Pos Winie.

"Kerja sama dengan Pos Indonesia ini bukan untuk yang pertama kali. Kami mengapresiasi kegiatan Pertiwi Jabar yang peduli dengan kesehatan, melakukan gerakan sosial khususnya di bidang kesehatan. Semoga ini bisa menjadi program yang bisa diikuti oleh anggota lain," tutur Dara.

"Harapan kolaborasi ini bisa dilanjutkan lagi kembali Pos Indonesia dengan Yayasan Pertiwi mengenai program program Kesehatan, Sosial, dan Digital Assemen," jelas dia.

Mewakili Direktur Utama Pos Ind Agus Purwantoro VP Regional 3 Bandung Pos Indonesia yang turut hadir menyampaikan, Pos Indonesia merupakan perusahaan yang yang bergerak dibisnis jasa keuangan dan kurir logistik ini selama 276 tahun saat ini terus melakukan transformasi dan inovasi terhadap layanan dan bisnisnya.

"Selain kegiatan bisnis yang selama ini dijalankan, Pos Indondesia juga menjalankan pelayanan terhadap masyarakat. Ini salah satu bentuk kegiatan sosial dibidang kesehatan dengan kolaborasi Pertiwi Jabar," terang dia.

"Kita bersyukur bisa ikut mendukung kegiatan ini. Harapan kedepannya setelah dengan kegiatan ini Pos Ind k bisa lebih banyak lagi kita melakukan kegiatan sosial untuk membantu masyarakat luas di Indonesia," tandas Agus.

 

4 dari 4 halaman

Apresiasi dari RSUD Cikalong Wetan

Sementara itu, Direktur RSUD Cikalong Wetan dr Wisnu memberikan apresiasi atas inisiasi dari Pertiwi Jabar dan Pos Indonesia.

"Kami memberikan apresiasi untuk Pertiwi Jabar dan Pos Indonesia yang sudah mendukung kegiatan ini. Alhamdulillah, kegiatan ini terselenggara karena terakhir 2018 ada pelaksanaan kegiatan operasi katarak selama pandemi Covid-19, dan kali di awal ini atas inisasi Pertiwi Jabar serta Pos Ind Baksos Operasi Katarak ini berlangsung dengan baik dan berjalan dengan lancar," kata Wisnu.

Apresiasi juga datang dari Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Barat dr Hernawan Widjayanto. Dia mengatakan dengan dilakukannya operasi katarak, masyarakat dapat terbantu meningkatkan kualitas hidup karena bisa melihat lagi.

"Dengan adanya dukungan dari pihak luar tentu ini sangat membantu pemerintah daerah untuk mendukung program kesehatan di Kabupaten Bandung Barat khususnya warga warga yang mengalami gangguan penglihatan," ucap dia.

"Kami mengucapkan terima kasih atas perhatian dari Pertiwi Jabar dan Pos Indonesia yang sudah membantu warga masyarat Bandung Barat penderita katarak yang sudah sekian lama terganggu penglihatannya. Semoga bisa cepat sembuh hingga bisa meningkat kualitas hidup yang lebih baik lagi," jelas Hernawan.

Salah satu peserta baksos operasi katarak, Upi sangat senang dan bersyukur karena bisa menjalani operasi katarak. Kini penglihatannya kembali normal.

"Saya senang karena nanti bisa melihat jelas lagi. Sebelumnya sudah pernah operasi katarak yang mata kanan. Sekarang ini yang mata kiri. Jadi habis ini sudah sembuh dua-duanya," ucap Upi.

Upi berharap kegiatan baksos seperti ini dapat kembali diselenggarakan oleh Pertiwi Jabar karena dapat membantu banyak orang.

"Terima kasih Pertiwi Jabar dan Pos Indonesia. Semoga bisa mengadakan bakti sosial lagi biar bisa bantu warga lebih banyak," tutup Upi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.