Sukses

Kemenag Umumkan Pemenang Sayembara Desain Batik Jemaah Haji, Ini Juaranya

Kemenag telah menetapkan satu pemenang dan sembilan finalis sayembara desain batik jemaah haji Indonesia. Siapa juaranya?

Liputan6.com, Jakarta Direktorat Jenderal Penyelenggaran Haji dan Umrah (Ditjen PHU) Kementerian Agama (Kemenag) mengumumkan pemenang sayembara desain batik jemaah haji Indonesia.

Adapun batik motif sekar arum sari ditetapkan sebagai pemenang sayembara desain batik jemaah haji Indonesia.

Ketetapan ini tertuang dalam Keputusan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nomor 370 Tahun 2023 tentang Penetapan Pemenang dan Finalis Sayembara Desain Batik Jemaah Haji Indonesia.

“Setelah melalui serangkaian proses penilaian, Dewan Juri menetapkan Batik Motif Sekar Arum Sari karya Sony Adi Nugroho sebagai pemenangnya. Penetapan dewan juri ini kemudian dituangkan dalam bentuk Keputusan Dirjen PHU,” terang Direktur Layanan Haji Dalam Negeri Ditjen PHU Kemenag Saiful Mujab di Jakarta, Senin (11/12/2023).

Motif Sekar Arum Sari terinspirasi dari melati putih, motif kawung, motif truntum, motif songket dan tenun, serta burung garuda.

Filosofi dari motif batik ini adalah puspa nasional Indonesia digambarkan dengan bunga melati putih yang melambangkan simbol kesucian, keagungan, kesederhanaan, ketulusan, keindahan, dan rendah hati.

Selain pemenang, Dewan Juri juga telah menetapkan sembilan finalis, yaitu:

  1. Ahmat Filasuf (Motif Ksatria Bhakti Imani);
  2. Bagio Wijaya (Motif Sketsa Bunga, Gunung Wayang dan Burung Garuda);
  3. Bayu Aria Widhi Kristanto (Motif Sayap Kebangsaan);
  4. Deki Sandi Herdianto (Motif Attara Jagat Marjan);
  5. Ernas Juliasta (Motif Batik Puspa Bangsa Puspa Pesona);
  6. Saftiyaningsih Ken Atik (Motif MAHAJ);
  7. Satya Wiragraha (Motif Indonesia Berkah);
  8. Sania Sari (Motif Harmoni Semesta); dan
  9. Tri Asayani (Motif Khidmat Nusantara).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kewajiban Pemenang dan Finalis Sayembara

Pemenang dan para finalis ini merupakan hasil penetapan Dewan Juri sayembara desain batik Jemaah Haji Indonesia.

Mereka wajib menyerahkan hasil karya sayembara desain batik jemaah haji Indonesia dalam bentuk busana, dilengkapi dengan Mood Board, Story Telling dan Gambar Fashion, kepada Kementerian Agama Republik Indonesia cq. Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah.

“Pemenang wajib memberikan seluruh hak cipta karya desain seragam batik Jemaah Haji Indonesia kepada Kementerian Agama Republik Indonesia cq. Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah,” ucap Saiful Mujab

3 dari 3 halaman

Pemenang Dapat Hadiah Rp78 Juta

“Pemenang mendapatkan sertifikat dan uang hadiah sebesar Rp78.000.000, sementara sembilan finalis masing-masing mendapatkan sertifikat dan uang sebagai pengganti karya sayembara sebesar Rp5.000.000. Pajak ditanggung oleh penyelenggara,” ucap Mujab menandaskan.

Sayembara Desain Batik Jemaah Haji Indonesia berlangsung sejak 25 Agutus 2023. Panitia melibatkan lima dewan juri yang diketuai oleh Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Agama Eny Retno Purwaningtyas.

Empat dewan juri lainnya adalah Komaruddin Kudiya (Ketua Asosiasi Perajin dan Pengusaha Batik Indonesia atau APPBI), Irna Mutiara (Desainer atau Perancang Busana), Monika Jufry (Desainer atau Perancang Busana), dan Yufie Safitri Sobari (Desainer atau Perancang Busana dan Akademisi).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini