Sukses

Waspada Pohon Tumbang, Warga Tangerang Diminta Lapor Bila Ada Pohon Besar Banyak Dahan

Kepala BPBD Kota Tangerang Maryono Hasan mengungkapkan, hujan yang turun beberapa hari terakhir di Kota Tangerang memicu sejumlah kejadian pohon tumbang.

Liputan6.com, Jakarta - Pemkot Tangerang meminta warganya untuk melaporkan bila mana di wilayahnya ada pohon besar yang rawan tumbang. Sebab cuaca di Tanah Air sudah memasuki musim penghujan yang kadang disertai dengan angin kencang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang Maryono Hasan mengungkapkan, hujan yang turun beberapa hari terakhir di Kota Tangerang memicu sejumlah kejadian pohon tumbang. Sehingga, dari beberapa kejadian tersebut, masyarakat mesti mewaspadai potensi pohon tumbang kembali terjadi.

"Selain banjir, pohon tumbang juga mesti diwaspadai karena pascakemarau terdapat beberapa wilayah yang memiliki potensi pohon tumbang. Walau, seluruh OPD terkait terus melakukan pengecekan hingga pemangkasan pada pohon-pohon yang dinilai sudah tidak produktif, memiliki banyak dahan dan berpotensi tumbang," papar Maryono, Kamis (7/12/2023).

Lalu, saat hujan deras yang disertai angin kencang melanda wilayah, masyarakat diminta untuk berhati-hati saat berkendara. Waspadai pohon besar, tiang listrik, rambu lalin dan papan billboard.

"Terlebih, tidak berteduh di bawah pohon besar, guna mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan," imbau Maryono.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nomor Kontak Pelaporan

Sementara itu, Kepala Disbudpar Rizal Ridolloh mengatakan, pihaknya melakukan pemangkasan pohon secara rutin dan juga menyediakan layanan pemangkasan pohon gratis.

Maka, bagi warga yang melihat pohon besar dengan banyak dahan, atau pun pohon yang berpotensi untuk tumbang, bisa segera melakukan permohonan atau pelaporan. Sehingga, Bidang Pertamanan bisa langsung mengirim petugas, untuk segera mengeksekusi pohon-pohon tersebut.

"Ayo antisipasi bencana yang mungkin terjadi, salah satunya pohon tumbang. Permohonan bisa dilakukan melalui LAKSA pada aplikasi Tangerang LIVE atau whatsapp di 0811-1500-293, bisa juga melalui pesan ke Instagram @tamankita.tng atau bersurat ke Disbudpar Kota Tangerang," kata Rizal.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini