Sukses

Jelang Peringatan 75 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Yunani, Ma’ruf Amin: Momentum Peningkatan Kerjasama Ekonomi

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin terus mengupayakan peningkatan hubungan bilateral antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah Yunani.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin terus mengupayakan peningkatan hubungan bilateral antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah Yunani. Hal itu disampaikan Ma’ruf saat menerima jamuan makan siang dari Menteri Luar Negeri Republik Yunani Georgios Gerapetritis.

“Tahun depan, Indonesia dan Yunani akan memperingati 75 tahun hubungan diplomatik. Ini harus menjadi momentum untuk memperkuat kerja sama, termasuk implementasi Rencana Aksi untuk Mendorong Kerja Sama Ekonomi” ujar Ma’ruf dalam keterangannya, Jumat (24/11/2023).

Ma’ruf meyakini di masa mendatang kerja sama Indonesia dan Yunani akan terus menguat dan terjaga dalam berbagai bidang.

“Saya yakin kerja sama kedua negara akan terus menguat di masa mendatang,” tutur Wapres.

Secara khusus, Ma’ruf menekankan kembali tujuannya dalam mempererat hubungan antara kedua negara serta mendorong terwujudnya perdamaian dunia.

“Melalui kunjungan ini, saya ingin mempererat hubungan bilateral RI-Yunani, juga mendorong upaya bersama tokoh agama untuk perdamaian dunia, termasuk melalui dialog dengan Uskup Agung Yunani,” jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Konflik Gaza

Selain itu, Ma’ruf juga menyinggung soal konflik Gaza dalam pertemuannya dengan pemimpin Yunani. Ia menekankan dukungan penuh Indonesia terhadap Palestina dan menyambut baik jeda kemanusiaan untuk membuka akses bantuan masuk ke Gaza, serta menyerukan pentingnya penghentian kekerasan secara berkelanjutan.

“Saya ingin tegaskan Indonesia tidak akan mundur sedikitpun untuk membela Palestina,” tuturnya.

3 dari 3 halaman

Akses Bantuan

Sementara itu, Ma’ruf juga menyampaikan seruannya atas penghentian kekerasan berkelanjutan dan menyambut baik terbukanya akses bantuan masuk ke Gaza.

“Indonesia sambut baik jeda kemanusiaan untuk membuka akses masuk bantuan ke Gaza dan menyerukan pentingnya penghentian kekerasan secara berkelanjutan.Akar masalah perlu diatasi untuk memutus siklus konflik dan mencapai perdamaian yang adil,” imbuhnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Ma'ruf Amin merupakan ulama yang digandeng Jokowi untuk menjadi cawapres dalam Pemilihan Presiden 2019.
    Ma'ruf Amin merupakan ulama yang digandeng Jokowi untuk menjadi cawapres dalam Pemilihan Presiden 2019.

    Ma'ruf Amin

Video Terkini