Sukses

Pj Gubernur Sumsel Dorong Pemda Gelar Operasi Pasar Murah untuk Antisipasi Inflasi

Operasi pasar murah bisa menjadi salah satu langkah penting untuk mengantisipasi terjadi inflasi.

Liputan6.com, Kayu Agung Sebagai upaya mengantisipasi inflasi, Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni mendorong Pemerintah Daerah (Pemda) untuk segera menggelar operasi pasar murah di daerahnya masing-masing. Hal ini disampaikan Fatoni usai meninjau pelaksanaan operasi yang dilaksanakan di lapangan Bola Segitiga Mas Kecamatan Kayu Agung, Kabupaten Ogan Komering Ilir , Rabu (11/10/2023). 

Gelaran pasar murah ini merupakan bagian dari peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) ke 78.

"Saya harapkan Pemda lainnya juga menggelar operasi pasar seperti yang dilakukan Kabupaten OKI," ucap Fatoni.

Dalam kesempatan ini, Fatoni juga memberikan apresiasi terhadap upaya Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten OKI yang telah menggelar operasi pasar murah beras dan minyak goreng. Kegiatan ini diperuntukan bagi masyarakat Kota Kayuagung.

"Saya berikan apresiasi digelarnya operasi pasar beras dan minyak goreng ini. Semoga bermanfaat bagi masyarakat sekaligus dapat menurunkan terjadinya inflasi daerah," kata Fatoni.

Dalam kegiatan ini, pemerintah daerah bekerja sama dengan Bulog. Tujuannya tidak lain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat penerima manfaat di tengah kondisi el nino sehingga inflasi dapat ditekan. 

Sejumlah warga menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Pemerintah yang telah menggelar pasar murah. Salah satu warga, Cek Da mengaku sangat terbantu dalam pemenuhan kebutuhan pokok warga. 

“Kami masyarakat terbantu sekali, semoga kedepannya harga kebutuhan pokok lebih murah lagi, dan menjadikan masyarakat lebih sejahtera lagi,” ungkapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemda Siapkan 1.600 Kupon untuk Warga

Pasar murah ini dapat terlaksana atas kerja sama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID)  Kabupaten OKI dengan Perum Bulog Wilayah Sumsel yang menyiapkan stok 8 ton beras dan 1.600 liter minyak goreng. 

Melalui pasar murah ini, pemerintah menyiapkan sejumlah paket sembako, di antaranya paket seharga Rp 67 ribu berisi beras 5 kilogram dan 1 liter minyak goreng. Harga tersebut lebih murah jika dibanding harga pasar berkisar Rp 97 ribu. Pemerintah menyiapkan 1.600 kupon yang dibagikan kepada warga Kecamatan Kota Kayuagung. 

Turut hadir mendampingi Pj Gubernur Sumsel antara lain Bupati OKI Iskandar, Ketua TP PKK Kabupaten OKI Lindasari, Wakil Bupati Kabupaten OKI Dja'far Shodiq dan Wakil Ketua TP PKK Kabupaten OKI Siti Rohani Dja'far Shodiq dan Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Sumsel Edward Candra.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.