Sukses

Infografis Golkar dan PAN Dukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024

Sembilan parpol di Parlemen telah menentukan arah dukungan menghadapi Pilpres 2024. Perkembangan terbaru, Partai Golkar dan PAN mendeklarasikan dukungan terhadap Prabowo Subianto.

Liputan6.com, Jakarta - Arah dukungan 9 partai politik atau parpol di Parlemen untuk menghadapi Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden alias Pilpres 2024 sudah terang benderang. Perkembangan terbaru, Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional atau PAN memutuskan merapat ke Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) Bersama Partai Gerindra & Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Golkar dan PAN yang sebelumnya berada di Koalisi Indonesia Bersatu, mendeklarasikan dukungan terhadap Prabowo Subianto. Sebelumnya, Prabowo diusung sebagai bakal calon presiden atau capres 2024 oleh Gerindra dan PKB.

"Kenapa Partai Golkar menjatuhkan pilihan ke Prabowo Subianto, tak lain dan tak bukan karena Bapak Letjen Prabowo Subianto lahir dari rahim Partai Golkar. Oleh karena itu beliau selalu mengikuti kegiatan di Partai Golkar, dan kekaryaannya tidak diragukan lagi," ujar Ketua Umum atau Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto di Jakarta, Minggu 13 Agustus 2023.

Menurut Airlangga, di Asia sendiri tidak banyak negara yang lolos menjadi negara maju dan masih berpendapatan menengah. Sebab itu, kepemimpinan 10 tahun ke depan menjadi sangat penting, dan dirinya melihat Prabowo Subianto mampu membawa Indonesia menjadi negara maju.

Pun demikian Ketum PAN Zulkifli Hasan atau Zulhas. "Saya lihat Gus Muhaimin (Muhaimin Iskandar) senyum gembira dan kami sangat gembira, juga Pak Airlangga (Airlangga Hartarto). Semoga hari ini bisa berjalan dengan baik."

Kini ada 3 koalisi dengan 3 bacapres. Selain KKIR, ada Koalisi Perubahan untuk Persatuan atau KPP dengan menjagokan Anies Baswedan sebagai bacapres. Serta, koalisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Persatuan Pembangunan dengan sejumlah partai non-parlemen yang menyokong Ganjar Pranowo sebagai bacapres.

Ada 9 partai di Parlemen yang lolos Pemilu 2019. Bagaimana rincian peta terkini koalisi di Pilpres 2024? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Infografis Golkar dan PAN Dukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024

3 dari 3 halaman

Infografis Peta Terkini Koalisi di Pilpres 2024

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini