Sukses

MUI: Perbedaan Idul Adha Kali Ini Dimaknai dengan Saling Menghargai dan Menghormati Perbedaan

Jemaah Muhammadiyah menjalankan salat Idul Adha hari ini, Rabu, (28/6/2023) sementara pemerintah baru melaksanakan besok.

Liputan6.com, Jakarta Jemaah Muhammadiyah menjalankan salat Idul Adha hari ini, Rabu, (28/6/2023) sementara pemerintah baru melaksanakan besok.

Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI), Amirsyah Tambunan menyebut perbedaan waktu Hari Raya Idul Adha pada 28 dan 29 Juni justru menjadi kesempatan untuk saling menghargai perbedaan.

Amirsyah mengatakan Hari Raya Idul Adha kali ini sudah sepatutnya dimaknai sebagai bagian dari momentum kesyukuran terhadap bangsa dan negara yang saat ini menyelenggarakan Idul Adha pada dua waktu yang berbeda.

"Momentum Idul Adha kali ini kita memaknai dengan saling menghargai dan menghormati perbedaan. Kalau tidak ada perbedaan, tidak muncul pertanyaan bagaimana menyikapi (perbedaan)," kata Amirsyah usai Shalat Idul Adha di Masjid Raya Al Isra, Tanjung Duren, Jakarta Barat.

"Satu di antaranya karena tidak bersamaan Idul Adha, maka masyarakat bisa melihat, ini lo pilihan Idul Adha tanggal 28 Juni, ini Idul Adha tanggal 29 Juni," ungkap dia menjelaskan.

Sementara Amirsyah menyarankan agar pemotongan hewan kurban dilakukan di rumah pemotongan hewan (RPH).

"Penyembelihan ini penting, dan sekarang juga sudah teknologi penyembelihan sudah sangat canggih. Saya juga menyarankan penyembelihan kurban itu di RPH. Kenapa, karena dengan di rumah potong hewan itu bisa lebih higienis, lebih tertib," ungkap dia.

Ia melanjutkan memang tidak ada salahnya kalau dilakukan di lingkungan masjid, tetapi dengan catatan pentingnya menjaga ketertiban kebersihan dan kedamaian supaya tidak mengganggu lingkungan sekitar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menko PMK Muhadjir Effendy Sarankan Jemaah Muhammadiyah Potong Hewan Kurban Besok

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy menyarankan, jemaah Muhammadiyah yang lebih dulu menggelar Salat Idul Adha 1444 Hijriah pada Rabu (28/6/2023) ini agar melakukan pemotongan hewan kurban pada Kamis, 27 Juni 2023 besok.

"Penyembelihannya sebaiknya besok bersama sama dengan saudara-saudara kita yang melaksanakan salat Idul Adha besok biar kompak," kata Muhadjir ditemui usai Salat Idul Adha di kantor PP Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat.

Diketahui, terjadi perbedaan waktu penyelenggaraan Salat Idul Adha antara jemaah Muhammadiyah dan pemerintah. Pemerintah baru akan menunaikan Salat Idul Adha pada Kamis, 28 Juni 2023.

Kendati demikian, Muhadjir tak melarang jemaah Muhamadiyah yang sudah Salat Idul Adha hari ini untuk menyembelih hewan kurban.

"Sebetulnya sekarang juga sudah boleh untuk yang melaksanakan Idul Adha hari ini bisa memotong kurban hari ini tapi agar ada semangat kebersamaan nunggu 1 hari nggak masalah karena hari tasyriknya 3 hari, masih ada waktu dua hari untuk kita untuk menyembelih kurban," jelas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini