Sukses

Megawati Sapa Ketum Partai di Puncak Bulan Bung Karno: 3 Parpol Masih Pikir-Pikir Dukung Capres Ganjar Pranowo, Kan Diketawain

Ketua Umum (Ketum) PDIP Megawati Soekarnoputri sempat menyinggung partai politik (parpol) yang belum memutuskan mendukung bakal calon presiden atau capres PDIP Ganjar Pranowo pada Pemilu 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum (Ketum) PDIP Megawati Soekarnoputri menyapa sejumlah Ketum partai yang hadir dalam acara perayaan Puncak Bulan Bung Karno 2023.

Megawati pun sempat berseloroh pada pihak yang masih pikir-pikir bergabung dengan PDIP mendukung bakal calon presiden (capres) PDIP Ganjar Pranowo.

"Jadi tadi saya katakan di belakang saya ini ada beberapa partai yang sudah pasti (bergabung) itu ada tiga, dari PPP, ayo Pak Mardiono berdiri, beliau nomor satu ‘Bu saya sama-sama boleh enggak Bu?’, boleh Pak," tutur Megawati di acara Puncak Bulan Bung Karno di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Sabtu (24/6/2023).

Kemudian, Megawati menyebut dua partai lainnya yang menyusul mengambil langkah seperti PPP, yaitu Partai Hanura dan Perindo.

"Ada lagi ini abang saya ini ndesek-ndesek saya dari Partai Hanura, yaitu Pak OSO, dia suka marah-marah, ‘Kenapa kamu nggak pernah ajak Abang ya?’, ayok sini lah kalau mau ikut gitu. Yang ketiga, itu orangnya nggak ada, salam dari Pak Hary Tanoe, dari Perindo," ucap dia.

Sementara tiga partai lain yang diundang dalam acara puncak perayaan Bulan Bung Karno 2023 adalah Golkar, PKB, dan PAN.

Namun, kata Megawati, ketiganya masih pikir-pikir, padahal mudah saja ikut bergabung mendukung bakal capres PDIP Ganjar Pranowo pada Pemilihan Umum atau Pemilu 2024.

"Kalo di sini ada tiga (Golkar, PAN, PKB) itu yang saya bilang, ya katakan lagi, aahh mikar-mikir dulu dah. Tuh bapak-bapak kan diketawain. Lho bener kan. Tapi ya saya bilang ndak papa mau ikut boleh, endak ikut ya ndak papa, betul ndak? Merdeka!," Megawati menandaskan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Megawati Sambut Wapres Ma’ruf Amin, Airlangga hingga Zulhas di Puncak Bulan Bung Karno 2023

Sebelumnya, sejumlah Ketua Umum Partai Politik (Ketum Parpol) yang menjadi tamu undangan PDIP dalam acara puncak perayaan Bulan Bung Karno 2023 tampak telah hadir di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta. Termasuk juga Wakil Presdien Ma’ruf Amin dan Menteri Agama (Mwnag) Yaqut Cholil Qoumas.

Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketua DPP PDIP Puan Maharani, dan Prananda Prabowo, tampak menyambut kedatangan mereka di ruang VVIP Stadion Utama GBK. Para Ketum Parpol yang hadir antara lain Ketum Golkar Airlangga Hartarto yang juga Menteri Perekonomian, Ketum PAN Zulkifli Hasan yang juga Menteri Perdagangan.

Kemudian Ketum PPP Muhamad Mardiono, dan Waketum PKB Jazilul Fawaid, Ketum Perindo Hary Tanoesoedibjo, dan Ketum Hanura Oesman Sapta Odang.

Sebelumnya, PDIP tidak mengundang Partai Demokrat dalam perhelatan acara puncak Bulan Bung Karno di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta. Ada alasan tersendiri mengapa undangan tersebut terbatas.

"Jadi saya komunikasi dengan Mas Teuku Rifky terkait acara ini, karena memang ini adalah konsolidasi partai, dan kemudian kita intens komunikasi dengan teman-teman Partai Demokrat," tutur Sekjen PDIP Hasto Kristianto di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Sabtu (24/6/2023).

Menurut Hasto, keterikatan politik antara Partai Demokrat, PKS, dan NasDem membuat undangan puncak acara peringatan Bulan Bung Karno tidak dilayangkan PDIP.

“Jadi saya bilang sama Mas Teuku Rifky, ‘Mas mohon maaf karena Demokrat ini kan ada etika politik bersama dengan PKS dan kemudian dengan Partai NasDem,” jelas dia.

 

3 dari 3 halaman

Megawati Ingatkan Jangan Pilih Pemimpin Hanya Dari Tampangnya

Sebelumnya, Ketua Umum (Ketum) PDIP Megawati Soekarnoputri mengatakan jangan memilih pemimpin hanya dengan melihat tampangnya. Hal itu disampaikannya dalam acara puncak perayaan Bulan Bung Karno 2023.

"Kalau mau milih pemimpin jangan hanya lihat tampangnya," tutur Megawati di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (24/6/2023).

Megawati mengulas momen lucu, bahwa ada seorang ibu yang menyampaikan padanya ingin memilihnya kembali sebagai presiden. Namun terpikir lebih mendahulukan mencoblos yang berparas tampan.

“Ada dulu ya, kalau, kan waktu ibu mau jadi presiden lagi, terus ada ibu-ibu bilang gini, ‘Aduh ibu maaf, sebetulnya saya mau milih ibu lagi, tapi saya kok kepingin milih yang ganteng’, pusing kepala saya. Ya tapi sudah, maunya sendiri. Jadi, ibu ini biar sudah cantik kayak gini, aih enggak diakui, salah besar,” jelas dia.

Seloroh Megawati itu disambut tawa oleh seluruh kader dan simpatisan yang hadir dalam acara puncak peringatan Bulan Bung Karno 2023.

Dalam kesempatan itu, dia mengingatkan agar masyarakat pandai melihat rekam jejak sosok yang akan dipilih menjadi pemimpin. Baik berpengalaman di lembaga eksekutif, legislatif, dan yudikatif, apalagi pernah menjadi pemimpin yang visioner, arif, bijaksana, dan memiliki rekam jejak prestasi baik, serta mengakar ke akar rumput.

"Saya ingatkan, saya ingatkan, saya ingatkan, lima menit coblosnya, lima tahun ngerasain senang atau susahnya. Hati-hati loh, karena itulah gunakan hak pilih mu dengan sebaik-baiknya," Megawati menandaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.