Sukses

Erick Thohir Pemimpin Profesional Beprestasi di Gelanggang Politik Indonesia

Ia optimistis kepemimpinan profesional yang dimiliki Erick Thohir ini sangat dibutuhkan oleh pemerintahan serta masyarakat Indonesia ke depannya.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir dinyatakan oleh Budawayan Indonesia Made Putrawan sebagai pemimpin profesional berprestasi yang berada di gelanggang politik Indonesia. Ia optimistis kepemimpinan profesional yang dimiliki oleh menteri terbaik dan andalan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini sangat dibutuhkan oleh pemerintahan serta masyarakat Indonesia ke depannya.

“Erick Thohir seorang profesional yang berada di dalam kabinet. Perlunya pimpinan negara ini mempunyai profesionalisme tinggi seperti di swasta – swasta,” terang Made dikutip Minggu (21/5/2023).

Seperti diketahui, sebelum berkecimpung di dunia pemerintahan dan politik Indonesia, Erick Thohir adalah profesional kelas internasional. Ia merupakan orang Asia pertama yang mampu menjadi Presiden Inter Milan FC, salah satu klub sepak bola terbesar di Eropa.

Melihat kesuksesan dan profesionalisme Erick Thohir, kemudian Presiden Jokowi memberikan amanah sebagai Menteri BUMN. Made melihat di Kementerian BUMN, Eks Presiden Inter Milan tersebut juga berhasil dalam melakukan pengelolaan dan prinsip – prinsio profesionalisme.

Terbukti, Erick Thohir mengambil sikap tegas jika para direksi harus melepas atribut kepartaian agar tidak ada conflict of interest. Kemudian melakukan kebijakan Go Public bagi perusahaan – perusahaan pelat merah untuk meningkatkan transparansi dan mencegah korupsi.

“Pak Erick Thohir mengatakan dia akan meng-go public-kan BUMN-BUMN yang sehat. Sebagai pengusaha kita tahu kalau perusahaan BUMN go public, maka transparansi akan meningkat kecil kemungkinan untuk korupsi,” ujar Made.

“Transparansi pengelolaan usaha, pengelolaan keuangan, manajemen dan track record para pejabat akan terlihat karena setiap tahun akan dilakukan audit bekelas internasional,” imbuhnya.

Kepemimpinan Erick Thohir ini kemudian membuahkan hasil dengan peningkatan laba setiap tahun secara konsisten dan dividen kepada negara terbesar sepanjang masa. Di mana laba meningkat dari Rp 13 triliun dari tahun 2020 menjadi Rp Rp 124,7 triliun pada 2021 dan kembali meningkat pada 2022 di angka Rp 303,7 triliun.

Kemudian dividen kepada negara menyentuh angka Rp 80,2 triliun. Angka yang hanya bisa diraih di era kepemimpinan Erick Thohir di Kementerian BUMN.

Maka dari itu, Erick Thohir menjadi menteri andalan dan kepercayaan Presiden Jokowi di pemerintahan. Bahkan Made percaya Erick Thohir akan mendapatkan dukungan dari Presiden Jokowi jika maju di Pilpres 2024 sebagai cawapres.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Erick Thohir Diinginkan Masyarakat

Mengingat sosok Erick Thohir terus diinginkan masyarakat untuk menjadi cawapres pada kontestasi demokrasi mendatang.

“Kemungkinan yang akan menjadi wapres nanti adalah Pak Erick Thohir. Karena Pak Erick Thohir ini adalah sosok independent, tidak terikat dengan partai politik dan mampu mendongkrak rating dari capres yang didampingi. Kemudian dia sangat dekat dengan bapak Jokowi, kemungkinan besar endorsemennya dari Bapak Jokowi kepada Bapak Erick Thohir,” pungkas Made.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini