Sukses

Bacaan Niat Puasa Senin Kamis Beserta Artinya, Tata Cara, Serta Mengenal Manfaat dan Hukumnya

Usai menjalankan ibadah wajib puasa Ramadhan, umat Islam bisa menjalankan puasa sunah Senin dan Kamis. Apakah itu? Puasa Senin Kamis merupakan salah satu puasa sunah yang biasa dikerjakan oleh umat muslim setiap minggunya.

Liputan6.com, Jakarta - Usai menjalankan ibadah wajib puasa Ramadhan, umat Islam bisa menjalankan puasa sunah Senin dan Kamis. Apakah itu? Puasa Senin Kamis merupakan salah satu puasa sunah yang biasa dikerjakan oleh umat muslim setiap minggunya.

Puasa sunah ini merupakan ibadah yang sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Karena bisa dilakukan setiap minggu, maka kamu bisa menjalankan ibadah ini secara rutin pada Senin dan Kamis.

Dalam Islam, Senin memang bukan hanya hari biasa. Pada hari tersebut, banyak keberkahan dan peristiwa penting terjadi.

Setiap Senin, Rasulullah Muhammad SAW punya kebiasaan melaksanakan puasa. Dalam salah satu hadisnya, kebiasaan itu dijalankan Rasulullah karena Senin adalah hari kelahiran Rasulullah.

Dalam riwayat lain, Rasulullah juga menyebut Senin adalah hari diangkatnya amal. Seperti disebutkan dalam hadis riyawat Turmudzi, Senin dan Kamis adalah dua hari saat amal diperlihatkan kepada Allah.

Rasulullah SAW bersabda, "Amal itu diperlihatkan di hadapan Allah pada hari Senin dan hari Kamis. Aku gembira sekali amalku diperlihatkan di saat aku sedang berpuasa."

Hadis ini kemudian menjadi dasar disyariatkannya puasa sunah Senin dan Kamis.

Selain itu, tata cara dan pelaksanaan ibadah sunah satu ini juga tidak jauh berbeda dengan Puasa Ramadan. Puasa Senin Kamis merupakan ibadah yang memberikan pahala yang melimpah, dan bisa ditunaikan setiap minggunya.

Niat puasa Senin Kamis tentu perlu diketahui agar kamu bisa mendapatkan manfaatnya.

Berikut niat puasa Senin Kamis, tata cara, manfaat, dan keutamaannya dihimpun Liputan6.com dari berbagai sumber:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Niat Puasa Senin Kamis

Sama seperti puasa wajib di bulan Ramadhan, puasa Senin Kamis juga memiliki doa niat puasa.

Hanya saja perbedaannya adalah jika puasa Ramadhan, niat dibacakan malam hari sebelum melaksanakan ibadah puasa, sedangkan untuk puasa Senin Kamis, boleh dibaca pada hari Senin atau Kamis selama pada hari itu seorang muslim belum makan, minum, atau melakukan hal-hal lain yang bisa membatalkan puasa.

Ada pun bacaan doa niat puasa Senin Kamis yang terbagi menjadi dua, ada yang khusus dibacakan untuk hari senin dan juga khusus untuk hari Kamis, berikut bacaan doa niatnya:

Bacaan niat puasa Senin:

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu Shouma Yaumal Itsnaini Sunnatal Lillaahi Ta'aalaa

"Saya niat puasa hari Senin, sunnah karena Allah ta’ala,"

Bacaan niat puasa Kamis:

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu Shouma Yaumal Khomiisi Sunnatal Lillaahi Ta'aalaa

"Saya niat puasa hari Kamis, sunnah karena Allah ta’ala,"

 

3 dari 5 halaman

Tata Cara Puasa Senin Kamis

Setelah mengenali niat pasa Senin Kamis, kamu juga perlu mengetahui tata caranya. Tata cara puasa Senin Kamis tidak jauh berbeda dengan puasa Ramadhan, yaitu sebagai berikut:

1. Membaca Niat

Niat Puasa Senin-Kamis sebaiknya dilakukan di malam hari, sebelum terbit fajar. Namun karena ini adalah puasa sunah, maka jika terlupa, boleh niat di pagi hari asalkan belum makan apa-apa dan tidak melakukan hal apapun yang membatalkan puasa.

2. Makan Sahur

Makan sahur merupakan salah satu sunah puasa yang jika dilakukan akan mendapat pahala dan keberkahan. Namun jika tidak dilakukan, misalnya karena bangunnya terlambat, puasanya tetap sah.

3. Menahan Diri dari yang Membatalkan Puasa

Menahan diri dari hal-hal yang dapat membatalkan puasa antara lain makan, minum, berhubungan dengan istri dan hal-hal lainnya yang dapat membatalkan puasa. Waktunya dimulai sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Kamu juga dianjurkan untuk menahan diri dari yang membatalkan pahala puasa, antara lain bohong, ghibah, dan segala bentuk kemaksiatan.

4. Berbuka

Buka puasa bisa dilakukan ketika matahari terbenam, yaitu saat masuknya waktu salat Maghrib. Menyegerakan buka puasa merupakan salah satu sunah puasa. Dengan mengkuti semua tata cara ini, maka kamu bisa mendapatkan manfaat Puasa Senin Kamis dengan maksimal.

 

4 dari 5 halaman

Manfaat Puasa Senin Kamis

Ada banyak manfaat yang bisa didaoat jika menjalankan ibadah puasa Senin-Kamis. Berikut manfaatnya:

1. Tubuh Menjadi Lebih Sehat

Secara medis, puasa terbukti membantu kesehatan pencernaan. Sedangkan secara psikologis, manfaat puasa juga mampu menjaga emosi lebih stabil. Tidak mudah marah dan tidak mudah Depresi. Ketenangan dalam puasa menghadirkan kebahagiaan dalam jiwa. Jadi manfaat puasa senin kamis yang pertama adalah menjadikan tubuh lebih sehat baik fisik maupun mental.

2. Menguatkan Jiwa

Manfaat puasa senin kamis selanjutnya adalah sebagai perisai untuk kejiwaan. Menjalankan puasa, baik itu puasa wajib maupun puasa-puasa sunnah seperti puasa senin dan kamis, dapat memberikan pengaruh yang besar bagi kondisi kejiwaan seseorang.

Selain itu, manfaat puasa Senin-Kamis juga dapat membantu dalam melatih kesabaran, melatih menguasasi diri, melatih diri dalam meredam hawa nafsu, serta dapat meningkatkan kemauan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan kualitas ketaqwaan kepada Allah SWT.

3. Mampu Mengatasi Kecanduan

Selain itu, manfaat puasa Senin-Kamis selanjutnya adalah dapat mengatasi kecanduan. Puasa dapat memberi kesempatan pada tubuh untuk menghentikan kebiasaan yang kurang baik.

Contohnya saja terlalu banyak mengonsumsi kafein, gula atau makanan-makanan manis. Sehingga jika kamu berpuasa, konsumsi makanan atau minuman tersebut menjadi berkurang.

4. Menjadi Lebih Disiplin

Manfaat puasa Senin-Kamis selanjutnya adalah dapat melatih seseorang untuk selalu disiplin dalam segala hal. Hal ini, secara tak langsung kamu merasa Allah SWT selalu mengawasi setiap tindakan yang kamu lakukan, sehingga kamu akan selalu mawas diri dan menghindari segala hal yang dapat menimbulkan dosa dan dapat membatalkan puasa.

Selain itu, dengan berpuasa kamu akan lebih terdorong untuk meningkatkan ibadah maupun amalan-amalan lainnya yang pastinyanya akan mendatangkan pahala dari Allah SWT.

5. Latihan Melawan Hawa Nafsu

Manfaat puasa Senin-Kamis lainnya adalah memberikan gambaran bahwa dengan melakukan ibadah ini, jalan setan untuk memperngaruhi jiwa dan tubuh manusia akan terhambat.

Kalau sudah begitu, hal ini dapat meminimalkan pengaruh-pengaruh syaitan pada manusia untuk berbuat maksiat atau melakukan hal-hal lainnya yang dilarang oleh Allah SWT. Dengan begitu, kamu bisa meredam hawa nafsu untuk melakukan perbuatan yang tidak dibolehkan oleh Allah SWT.

 

5 dari 5 halaman

Hukum Puasa Senin Kamis

Puasa Senin-Kamis hukumnya adalah sunah.

Syaikh Wahbah Az-Zuhaili dalam Fiqih Islam wa Adillatuhu menggolongkan puasa Senin-Kamis dalam puasa sunah yang disepakati para ulama.

Menurut Syaikh Wahbah Az-Zuhaili, puasa-puasa sunah yang disepakati para ulama antara lain puasa hari Senin dan Kamis.

Dari Aisyah Radhiyallahu Anhu:

"Adalah Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam memperbanyak puasa pada hari Senin & Kamis." (HR. Al-Tirmidzi, Al-Nasi dan Ibnu Majah. Hadits ini dishahihkan oleh Al-Albani)

Puasa Senin Kamis merupakan ibadah yang Nabi Muhammad SAW anjurkan untuk dilaksanakan. Beliau pun rutin mengamalkan ibadah tersebut.

"Dari Abi Hurairoh r.a, dari Rasulullah SAW bersabda: Seluruh amal disetor pada hari Senin dan Kamis, maka aku lebih menyukai saat setor amal tersebut dalam keadaan berpuasa." (HR. Turmudzi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.