Sukses

Jurus Dirlantas Polda Metro Jaya Antisipasi Pemudik yang Balik ke Jakarta Via Tol

Puncak arus balik lebaran Idul Fitri 2023 gelombang pertama diperkirakan terjadi pada Senin (24/4/2023).

Liputan6.com, Jakarta - Puncak arus balik lebaran Idul Fitri 2023 gelombang pertama diperkirakan terjadi pada Senin (24/4/2023). Pemerintah dibantu aparat keamanan menyiapkan skema rekayasa arus lalu lintas guna mengantisipasi kemacetan, tak terkecuali Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman menerangkan, pihaknya telah siap menerima kendaraan yang melintas dari KM 70 sampai dengan KM 3 Tol Jakarta-Cikampek.

Menurut dia, seandainya terjadi kepadatan maka akan diberlakukan kebijakan one way dan contraflow.

"Dari KM 72 sampai KM 47 one way dan dilanjutkan kebijakan contra flow sampai KM 36. Nah kalau panjang lagi akan dilakukan one way sampai KM 26. Kalau panjang lagi lanjut sampai KM 3," ujar dia saat dihubungi, Senin (24/4/2023).

Latif menerangkan, kebijakan contra flow juga akan berlaku di Tol Dalam Kota seperti Gerbang Tol Halim dan Cikunir. Untuk pengaturan dimaksimalkan Gerbang Tol Cikunir lajur dalam Kota yang menuju ke Tanjung Priok maupun Pondok Indah.

"Nah kita sendiri di dalam Kota akan kita lakukan contraflow. Kita bagi rata apabila kepadatan terjadi di dalam Kota akan dibuang dulu ke Tanjung Priok maupun ke arah Pondok Indah," ujar dia.

Dalam hal ini, Latif menambahkan, pintu-pintu tol turut menjadi perhatian.

"Petugas tap pintu tol akan ditambah," ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengamanan

Di samping itu, petugas juga akan memperkuat pengamanan jalur arteri keluar Tol Dalam Kota dan JORR seperti Cibatu, Cibitung, Cikarang, Cikarang Barat sampai Bekasi Barat, Bekasi Timur dan exit tol seluruh Jakarta.

"Akan dikuatkan personel yang diperbantukan dari Sabhara maupun Brimob untuk betul mempelancar arus yang akan keluar dari jalur tol ini."

"Apabila terjadi kepadatan di sekitar masuk ke dalam tol ke arah Jakarta. Nanti kalau Cibitung masih banyak kita akan keluarkan Cibitung yang nanti menuju ke Semper sehingga di situ akan menuju ke jalur masing masing tempat di Jakarta," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini