Sukses

Jokowi Akan Resmikan Bendungan Ameroro di Sultra Hari Ini, Selasa 14 Mei 2024

Jokowi akan meresmikan Bendungan Ameroro hingga mengunjungi pasar untuk membagikan bantuan dalam rangka kunjungan kerja hari ketiga di Provinsi Sulawesi Tenggara, Selasa (14/5/2024).

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melanjutkan kunjungan kerja hari ketiga di Provinsi Sulawesi Tenggara, Selasa (14/5/2024). Jokowi akan meresmikan Bendungan Ameroro hingga mengunjungi pasar untuk membagikan bantuan.

Mengawali kegiatannya, Jokowi menuju ke Kabupaten Konawe dengan berkendara dari Kota Kendari. Di Kabupaten Konawe, dia akan terlebih dulu mengunjungi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit Konawe.

Di lokasi itu, Jokowi akan untuk meninjau fasilitas dan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Setelah itu, dia direncanakan meresmikan Bendungan Ameroro sekaligus pembangunan infrastruktur Kawasan Strategis Pariwisata Nasional Wakatobi.

Dari Bendungan Ameroro, Jokowi akan lepas landas menuju Kabupaten Kolaka Utara dengan menggunakan helikopter Super Puma TNI AU. Setibanya di helipad Lapangan Aspirasi, Jokowi diagendakan melanjutkan kegiatan dengan mengunjungi Pasar Sentral Lacaria untuk mengecek harga bahan pokok dan memberikan bantuan bagi para pedagang.

Selepas itu, Jokowi akan menyerahkan bantuan cadangan pangan pemerintah bagi keluarga penerima manfaat di Lapangan Tenis Alun-Alun Kirambu.

Kemudian, dia akan menuju helipad Lapangan Aspirasi untuk kemudian lepas landas kembali ke Pangkalan TNI AU Haluoleo, Kabupaten Konawe Selatan, lalu kembali ke Jakarta dengan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Sebagai informasi, Bendungan Ameroro yang terletak di Kabupaten Konawe merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional, dimana membendung Sungai Ameroro yang merupakan anak sungai dari Sungai Konaweha, dengan kapasitas tampung 88,27 juta m3 yang dapat dimanfaatkan untuk Pelayanan air Daerah Irigasi Ameroro seluas 3.363 ha, mereduksi banjir di wilayah Konawe sebesar 443 m3/detik, layanan air baku untuk Kabupaten Konawe 511 lt/detik serta potensi listrik 1,3 MW.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bendungan Sudah Dinyatakan Aman Secara Teknis

Sementara itu, Kepala BWS Sulawesi IV Kendari, A Adi Umar Dani, usai mengecek kondisi Bendungan Ameroro pada Kamis tanggal 9 Mei 2024 menyampaikan, bahwa seluruh struktur yang ada di Bendungan Ameroro telah dinyatakan aman secara teknis, dan sudah melalui sertifikasi desain, sertifikasi pelaksanaan, serta sertifikasi pengisian awal waduk oleh Komisi Keamanan Bendungan.

“Air Bendungan Ameroro sudah dirasakan manfaatnya, diantaranya terkait fungsi pengendalian banjir pada kabupaten Konawe dan telah melayani irigasi khususnya pada Daerah Irigasi Ameroro. Kedepan, Bendungan Ameroro juga akan menjadi destinasi wisata baru bagi masyarakat Kabupaten Konawe dan sekitarnya,” katanya.

Kepala BWS Sulawesi IV Kendari juga menerangkan, terkait beredarnya foto hingga video permasalahan konstruksi pada tebing kiri spillway Bendungan Ameroro, merupakan dokumentasi pada masa konstruksi akhir tahun 2022.

Dengan kondisi tersebut, telah dilaksanakan penanganan dan perbaikan pada tebing kiri spillway melalui penguatan porefilling dan telah tuntas pada Maret tahun 2023.

“Saat ini kondisi tebing kiri spillway Bendungan Ameroro dipastikan aman dengan dilaksanakan pemantauan terhadap seluruh struktur yang dilaksanakan secara rutin. Adapun foto ataupun video lama terkait tebing kiri spillway, tidak membahayakan area Bendungan Utama. Untuk itu, seluruh masyarakat diharapkan tidak panik dan tidak mudah terprovokasi terhadap adanya hoaks,” tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.