Sukses

Begini Rapor SPBU Listrik Selama Mudik dan Balik Lebaran 2024

YLKI menyatakan hingga saat ini belum ada keluhan terkait dengan pengisian daya kendaraan listrik saat arus mudik dan balik Lebaran 2024.

Liputan6.com, Jakarta Yayasan Lembaga Perlindungan Konsumen Indonesia (YLKI) menyatakan hingga saat ini belum ada keluhan terkait dengan pengisian daya kendaraan listrik saat arus mudik dan arus balik Lebaran 2024.

"Sampai saat ini belum ada keluhan dari konsumen untuk pengisian daya kendaraan listrik data arus mudik dan balik Lebaran 2024," kata Ketua Bidang Pengaduan YLKI Rio Priambodo dikutip dari Antara, Sabtu (20/4/2024).

Kondisi serupa, lanjutnya, juga terjadi pada tahun lalu, tidak ada keluhan soal pengisian daya kendaraan listrik saat arus mudik dan balik Lebaran 2023.

Sementara itu, Ketua YLKI Tulus Abadi menambahkan tidak adanya keluhan konsumen terkait pengisian daya kendaraan listrik tersebut karena didukung kesiapan dan ketersediaan stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) pada sejumlah ruas tol di tanah air saat arus mudik dan balik Lebaran 2024.

"Sekarang, SPKLU tersebar merata di seluruh Tol Trans-Jawa dan Trans-Sumatra dan beberapa titik vital lainnya," katanya.

Menurut dia, tersedianya SPKLU di setiap rest area pada sepanjang tol Trans-Jawa dan Trans-Sumatra membuktikan bahwa telah ada riset mendalam dan menyeluruh terkait dengan kemampuan tempuh kendaraan listrik.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengapresiasi kesiapan SPKLU atau charging station untuk kendaraan listrik saat arus mudik dan balik Lebaran 2024.

"Sejauh ini jumlah antara kendaraan listrik yang dipakai pemudik dan charging station tidak ada komplain dari pengguna, jadi cukup,” kata Budi Karya di Jakarta, Jumat (19/4/2024).

Padahal saat Lebaran 2024 ini, diperkirakan lebih dari 4.000 unit kendaraan listrik atau 18 persen dari total unit menjalani arus mudik dan balik.

"Jadi sebenarnya, untuk kendaraan listrik saat Lebaran, pemerintah telah menyiapkan dengan melengkapi charging station di beberapa tempat/lokasi," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kelancaran Mudik

Kondisi tersebut, membuktikan bahwa negara melalui PLN telah mampu membuktikan komitmennya dalam mendukung kelancaran mudik Lebaran 2024 bagi pengguna kendaraan listrik (electric vehicle/EV).

"Saya pikir PLN sudah sangat kooperatif untuk memetakan berapa jumlah charging station. Saya berharap ke depannya juga demikian," katanya.

Dari pemetaan tersebut, ribuan SPKLU telah disiapkan dan disiagakan guna mengantisipasi antrian pengisian daya kendaraan listrik. Bahkan, pemerintah melalui PLN sudah menyiapkannya jauh sebelum periode mudik Lebaran 2024 berlangsung, termasuk menghadirkan lebih dari 1.200 SPKLU.

Sesuai data, penyediaan stasiun pengisian daya tidak hanya berfokus pada kendaraan listrik roda empat, juga telah disiapkan sekitar 2.000 unit stasiun penukaran baterai kendaraan listrik umum (SPBKLU) dan hampir 10.000 unit stasiun pengisian listrik umum (SPLU) untuk kendaraan listrik roda dua.

3 dari 4 halaman

Puncak Arus Balik Lebaran, PLN Banten Pastikan 31 SPBU Listrik Beroperasi Optimal

Prediksi puncak arus balik lebaran terjadi pada hari ini, Senin (15/4/2024), sejumlah persiapan dilakukan PLN, dalam ketersediaan layanan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang berada di wilayah Provinsi Banten.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Banten, Abdul Mukhlis menjelaskan, pihaknya sudah melakukan pengecekan SPKLu. Bukan hanya yang berada di sepanjang rest area jalur tol saja, tetapi juga seluruh SPKLU yang berada di wilayah Provinsi Banten non jalur tol. 

Secara keseluruhan terdapat 31 titik lokasi SPKLU dan 1 unit SPKLU mobile, yang mana seluruhnya sudah dilakukan pengecekan sehingga siap melayani masyarakat pengguna mobil listrik.

"Beberapa waktu lalu kita sudah cek kesiapan SPKLU di sepanjang jalur rest area Tangerang - Merak ataupun sebaliknya, termasuk juga SPKLU dan SPKLU mobile yang berada di Pelabuhan Merak. Kini kita juga cek SPKLU yang berada di luar jalur rest area tersebut, agar masyarakat bisa menikmati layanan SPKLU dengan optimal," ujar Abdul Mukhlis.

Adapun beberapa lokasi SPKLU yang dikunjungi Abdul Mukhlis diantaranya adalah SPKLU PLN ULP Cikande, SPKLU Alun-alun Rangkasbitung, SPKLU PLN UP3 Cikupa, SPKLU Mall Ciputra Tangerang, SPKLU PLN UP3 Teluk Naga, hingga SPKLU PLN UID Banten. Menurutnya, seluruh SPKLU tersebut sudah dalam kondisi prima dan siap digunakan oleh masyarakat.

"Kondisi seluruh SPKLU yang ada di wilayah Provinis Banten sudah prima, hanya saja kami ingin benar-benar memastikan kembali agar masyarakat pengguna mobil listrik bisa puas menggunakan SPKLU PLN. Kami juga cek kesiapan personil siaga dan tentunya layanan posko SPKLU PLN agar masyarakat bisa terlayani dengan nyaman," terangnya.

 

4 dari 4 halaman

Jangan Ragu Gunakan Mobil Listrik

Tak lupa Abdul Mukhlis juga mengajak masyarakat untuk tidak lagi ragu dalam menggunakan mobil listrik, hal itu karena SPKLU PLN telah terbukti berhasil dalam melayani pengguna mobil listrik pada perjalanan mudik hingga arus balik Lebaran 2024 kali ini.

"Masyarakat dapat mengakses fitur Electric Vehicle pada aplikasi PLN Mobile dimana disitu terdapat banyak sekali layanan yang disiapkan PLN guna menghadirkan kemudahan para pengguna mobil listrik mulai dari lokasi titik keberadaan SPKLU, trip planner, tersedianya pop up hotline layanan SPKLU 24 jam, dan lainnya," kata Abdul Mukhlis.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini