Sukses

OpenAI Luncurkan GPT-4o: AI Lebih Cepat dan Gratis? Simak Kehebatannya!

OpenAI luncurkan GPT-4o, AI canggih dengan kemampuan teks, gambar, dan suara yang lebih cepat dan gratis untuk semua!

Liputan6.com, Jakarta - OpenAI akhirnya meluncurkan model baru dari GPT-4 buatan mereka, yakni GPT-4o, yang memiliki peningkatan luar biasa dalam kecepatan dan kemampuan pengenalan teks, visi, serta audio.

Dalam pengumuman live streaming pada Senin malam, 13 Mei 2024, CTO OpenAI, Mira Murati, menyatakan GPT-4o ini tersedia secara gratis untuk semua pengguna.

"Pengguna berbayar akan tetap memiliki batas kapasitas hingga lima kali lipat dari pengguna gratis," kata Mira.

Mengutip postingan blog perusahaan, Selasa (14/5/2024), kemampuan chatGPT baru ini akan diluncurkan secara bertahap, dimulai dengan kemampuan teks dan gambarnya yang dirilis hari ini di ChatGPT.

Sam Altman, CEO OpenAI menyatakan, GPT-4o pada dasarnya adalah multimodal. Artinya, chatGPT ini dapat menghasilkan konten atau memahami perintah dalam suara, teks, atau gambar.

Bagi pengembang yang ingin mencoba GPT-4o, perusahaan mengatakan dapat memiliki akses ke API dengan harga setengah lebih murah dan dua kali lebih cepat dari GPT-4 Turbo, kata Sam Altman di X.

Rencananya, sejumlah fitur baru mode suara ChatGPT adalah sebagai bagian dari model baru. Aplikasi GPT-4o ini akan dapat bertindak sebagai asisten suara seperti di film "Her".

Saat demo, aplikasi ini dapat merespons secara real time dan mengamati dunia di sekitar Anda. Mode suara ChatGPT ini memang masih terbatas dengan hanya merespons satu perintah pada satu waktu, dan hanya bekerja dengan apa yang didengarnya.

Bos OpenAI itu juga berpendapat, visi awal perusahaannya untuk menciptakan segala macam manfaat bagi dunia telah berubah dengan berjalannya waktu.

Sebelum peluncuran GPT-4o hari ini, sebuah laporan menyebutkan OpenAI akan mengumumkan mesin pencari AI untuk menyaingi Google, asisten suara di GPT-4, atau model benar-benar baru dan lebih baik, GPT-5.

Pengumuman ini datang sehari sebelum Google I/O, memperkuat persaingan di dunia AI di mana Google kabarnya juga akan mengungkap sejumlah fitur baru di Gemini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apple Hampir Selesaikan Kesepakatan dengan OpenAI

Pertemuan CEO Apple, Tim Cook dengan Jokowi menyusul langkah Apple yang saat ini sedang memperluas investasi di kawasan Asia. (BAY ISMOYO/AFP)

Rencana Apple untuk memboyong chatbot AI ChatGPT ke iPhone lewat pembaruan iOS 18 sepertinya akan menjadi kenyataan dengan bantuan OpenAI.

Ya, Apple dan OpenAI saat ini memang dikabarkan sedang melakukan pembicaraan intens untuk membawa teknologi chatbot AI tersebut ke produk buatan mereka.

Informasi kolaborasi dengan OpenAI ini diperkuat oleh laporan koresponden Bloomberg, Mark Gurman. "Apple sedang menyelesaikan kesepakatan dengan OpenAI," kutip laporan Bloomberg via PhoneArena, Minggu (12/5/2024).

Mark Gurman menyebutkan, "Pembicaraan Apple dan OpenAI terkait beberapa fitur AI generatif--seperti chatbot--akan diperkenalkan bersamaan dengan iOS 18 tahun ini."

Sayangnya, apa saja fitur-fitur tersebut belum diketahui. Namun berdasarkan informasi beredar saaat ini, aplikasi iOS 18 tertentu akan terintegrasi dengan AI.

3 dari 4 halaman

ChatGPT di Safari dan Messages

<p>Apple bakal melengkapi iPhone 16 dengan tombol tambahan, fungsinya? (Doc: MacRumors)</p>

Beberapa aplikasi tersebut, antara lain Safari dan Messages. Kemungkinan, aplikasi bawaan iOS itu akan dilengkapi dengan fitur AI yang dapat meringkas konten di layar hanya dengan menggunakan kata kunci.

Selain itu, perusahaan berbasis di Cupertino ini juga ingin merombak besar-besaran asisten virtual mereka yaitu Siri. Disebutkan, Siri akan tampil lebih pintar berkat teknologi AI ini.

Pada saat sama, OpenAI diyakini sedang mengerjakan asisten digital mereka sendiri dan tidak diketahui apakah hal tersebut terkait dengan pengembangan Siri atau tidak.

Selain OpenAI, raksasa teknologi ini juga disebut-sebut masih dalam pembicaraan dengan Google tentang menghadirkan fitur AI generatif Gemini ke iPhone.

Sejauh ini, belum ada laporan kelanjutan tentang kolaborasi Apple dan Google ini. Pastinya, informasi lebih lanjut tentang rencana Apple dengan AI ini pada 10 Juni mendatang di WWDC 2024. 

4 dari 4 halaman

Apple Minta Maaf atas Iklan iPad Pro 2024 yang Kontroversial

<p>iPad Pro 2024 Tampil dengan Layar Lebih Canggih dan Chipset Super Cepat, Harganya? (Doc: Apple)</p>

Iklan iPad Pro terbaru milik Apple menuai kritik pedas dari banyak pihak, khususnya dari kalangan komunitas kreatif.

Sebagai konteks, Apple memperkenalkan iPad Pro terbaru mereka dengan chipset M4 dan tampil sebagai produk paling tipis buatan perusahaan.

Sebagai bentuk promosi berbagai hal kreatif yang bisa dilakukan oleh iPad Pro terbaru itu, Apple menayangkan iklan berjudul "Crush!" yang memperlihatkan berbagai benda, seperti piano, cat, hingga pemutar rekaman diratakan oleh mesin press hidrolik.

Pada akhir iklan iPad Pro tersebut dan mesin press hidrolik kembali terbuka, yang tersisa hanyalah tablet teranyar milik perusahaan. Sontak, kritik pedas tentang iklan iPad Pro 2024 pun dilayangkan berbagai pihak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini