Sukses

Keluarga Besar Istri Ganjar Ternyata Asuh 5 Pondok Pesantren di Jawa Tengah, Apa Saja?

Siti Atikoh, istri dari Ganjar Pranowo ternyata memiliki keluarga besar yang berkecimpung di sejumlah pondok pesantren terkenal di Jawa Tengah.

Liputan6.com, Purbalingga Siti Atikoh, istri dari Ganjar Pranowo ternyata memiliki keluarga besar yang berkecimpung di sejumlah pondok pesantren terkenal di Jawa Tengah. Keluarga besar istri dari calon presiden 2024 yang disusung PDI Perjuangan tersebut diketahui menjadi pengasuh Pondok Pesantren Roudlotus Sholichin Sholichat atau yang lebih dikenal dengan nama Pondok Pesantren Kalijaran.

Namun, tak hanya ponpes itu, ternyata ada lima pondok pesantren lagi yang diasuh oleh keluarga besar istri Ganjar Pranowo tersebut. Hal itu dikemukakan oleh paman Siti Atikoh, KH Ahmad Mustaid Billah Hisyam Abdul Karim. Menurutnya, setidaknya ada lima pondok pesantren yang dikelola keturunan KH Hisyam Abdul Karim, kakek Siti Atikoh Ganjar Pranowo.

"Jadi keluarga Pak Ganjar itu, dari istrinya Siti Atikoh merupakan keluarga pesantren. Anak cucu Mbah Hisyam Kalijaran banyak yang mengelola pondok pesantren. Tidak hanya Ponpes Kalijaran ini, tapi banyak yang lainnya," katanya.

"Saya mengelola Ponpes Kalijaran ini, dan kakak saya almarhum, KH Muzammil Syaibani Hisyam Abdul Karim mengelola Ponpes di Sokaraja," tambah KH Mustaid.

KH Ahmad Mustaid menceritakan lebih lanjut bahwa Mbah Hisyam memiliki dua istri dan 10 anak. Dari istri pertama, Hj Rumiyah lahir lima anak, di antaranya ayah Siti Atikoh. Dari keluarga istri pertama ini, ada dua keturunan Mbah Hisyam yang mengelola pondok pesantren.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berasal dari Kalangan Pondok Pesantren

Sementara itu, jika ditilik dari keluarga nenek Siti Atikoh, Hj Rumiyah juga berasal dari kalangan pondok pesantren. Saat ini, keluarga Hj Rumiyah masih aktif mengelola Pondok Pesantren Nurul Quran Bukateja.

"Sementara dari istri kedua, keturunan Mbah Hisyam saat ini mengelola Pondok Pesantren Salafiyah Karangasem," jelas KH Mustaid.

Dirinya pun menjelaskan bahwa terdapat cucu Mbah Hisyam Kalijaran yang menikah dengan anak pengasuh pondok pesantren di beberapa daerah di Jawa Tengah yang kini menjadi pengasuh pondok pesantren.

"Salah satunya di Pekalongan. Saya lupa nama pondoknya. Sekarang cucu Mbah Hisyam itu yang mengelola," imbuh KH Mustaid.

Selain terlibat aktif di pondok pesantren, keluarga istri Ganjar Pranowo tersebut juga banyak yang berkecimpung di organisasi Islam, seperti menjadi pengurus Muslimat NU Kabupaten Purbalingga.

"Kakak Siti Atikoh, Hj Nurul Hidayah juga sekarang menjabat sebagai pengurus DPW PPP Jateng," kata KH Mustaid.

3 dari 3 halaman

Bagian dari Keluarga Pesantren

Pengurus Pondok Pesantren Salafiyah Karangasem yang juga menjadi bagian dari keluarga istri Ganjar, Barokatun Minallah menegaskan bahwa Gubernur Jawa Tengah tersebut merupakan bagian dari keluarga pesantren.

"Keluarga Bani Hisyam Abdul Karim itu ada sepuluh dan Alhamdulillah berasal dari keluarga pesantren. Banyak keluarga kami yang mengasuh pondok pesantren di daerah," katanya.

"Bukan bermaksud menyombongkan diri, tapi keluarga besar Bani Hisyam tentu mau menerima Mas Ganjar menjadi bagian dari keluarga, ya dilihat dari agamanya juga. Dan beliau adalah sosok agamis. Beliau tawadlu sekali dan menghormati semua keluarga," tegasnya.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.