Sukses

Puncak Mudik Lebaran di Pelabuhan Merak dan Ciwandan, Diminta Tiket Tak Beli Dadakan

Puncak arus mudik lebaran di Pelabuhan Merak dan Ciwandan diprediksi Selasa 18 April 2023 malam hingga rabu dini hari 19 April 2023. Kepadatan pengendara yang ingin mudik pun diprediksi masih terjadi hingga Kamis 20 April 2023 dan menurun pada Jumat 21 April 2023.

Liputan6.com, Jakarta Puncak arus mudik lebaran di Pelabuhan Merak dan Ciwandan diprediksi Selasa 18 April 2023 malam hingga rabu dini hari 19 April 2023. Kepadatan pengendara yang ingin mudik pun diprediksi masih terjadi hingga Kamis 20 April 2023 dan menurun pada Jumat 21 April 2023.

"Jadi sekarang ini H-4 Lebaran kalau melihat data terakhir mulai besok H-3 naiknya signifikan. Kemudian H-3 tertinggi dan H-2 masih tinggi, dan H-1 baru agak turun," ujar Dirut PT ASDP Indonesia Ferry, Ira Puspadewi, Selasa (18/04/2023).

Ira menghimbau masyarakat memesan tidak minimal H-1 sebelum keberangkatan dan tidak membeli tiket penyebrangan di hari keberangkatan, karena akan menyulitkan pengaturan.

Kemudian, pengaturan lalu lintas di jalan tol maupun protokol, akan dilakukan oleh kepolisian agar tidak menyebabkan kesemrawutan.

Sepeda motor dan truk berukuran sedang, di arahkan ke Pelabuhan Ciwandan. Kemudian mobil dan bus, bisa langsung masuk ke Pelabuhan Merak.

"Kami ingin pastikan paling utama adalah penguraian kendaraan di Cilegon Timur, pihak kepolisian sudah berjaga-jaga untuk memastikan kendaraan roda dua dan truk sedang ke Pelabuhan Ciwandan. Sementara Pelabuhan Merak akan menjadi tempat sebagai kendaraan kecil dan bus," terangnya.

Ira menerangkan pemudik masih memilih keberangkatan di malam hari, namun kesadaran masyarakat untuk memesan tiket penyebrangan satu hari sebelum keberangkatan sudah mulai meningkat.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ikuti Peraturan di Pelabuhan Merak

Saat arus mudik ataupun balik, Dirut ASDP Indonesia Ferry memastikan bakal terjadi kepadatan.

Karenanya, dia meminta semua pihak mengikuti peraturan dan arahan dari petugas, demi ketertiban dan kenyamanan bersama.

"Kalau dalam mudik itu pasti volume kendaraan padat, bila semua sama-sama menjaga kedisiplinan, mempunyai tiket dari awal, maka itu akan membantu semua," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.