Sukses

Karyoto Jadi Kapolda Metro Jaya Gantikan Fadil Imran, Ketua KPK Puji Kapolri

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Firli Bahuri menyambut baik promosi jabatan yang diberikan Kapolri kepada Deputi Penindakan KPK Karyoto sebagai Kapolda Metro Jaya. Atas promosi tersebut, dia bahkan mengapresiasi tindakan Kapolri.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Firli Bahuri menyambut baik promosi jabatan yang diberikan Kapolri kepada Deputi Penindakan KPK Karyoto sebagai Kapolda Metro Jaya.

Atas promosi tersebut, dia bahkan mengapresiasi tindakan Kapolri.

"Selamat dan terima kasih kepada Kapolri yang telah memberikan amanah kepada insan KPK yang bersumber dari Polri, Bapak Karyoto, atas promosi jabatan barunya sebagai Kapolda Metro Jaya," kata Firli dalam keterangan tertulis, Rabu (29/3/2023).

Dia menyampaikan bahwa Karyoto telah bertugas di KPK sebagai Deputi Penindakan dan Eksekusi selama sekitar tiga tahun. Firli berharap promosi yang diamanahkan Kapolri kepada Karyoto dapat semakin meningkatkan jenjang karier Karyoto di masa depan.

"Promosi ini selaras dengan semangat KPK untuk terus mendorong para insan Komisi meningkatkan kariernya dan memberikan bhakti karyanya bagi Indonesia," ucap Firli.

Menurut Firli promosi yang diberikan Kapolri bagi insan komisi baik di KPK maupun yang berasal dari instansi lainnya ini juga menjadi kesempatan bagi para insan tersebut untuk dapat berkarier di instansi asalnya saat pertama kali bertugas.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo merotasi sejumlah jabatan di tubuh Polri. Posisi Kapolda Metro Jaya yang sebelumnya diisi oleh Irjen Fadil Imran digantikan oleh Irjen Karyoto yang saat ini menjabat Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK.

Rotasi jabatan itu sebagaimana tertuang dalam Surat Telegram Nomor: ST/713/III/KEP./2023 tertanggal 27 Maret 2023.

Selain Karyoto, sejumlah nama jenderal lainnya turut dirotasi, seperti Komjen Arief Sulistyanto yang sebelumnya Kabaharkam Polri dimutasi menjadi Pati Baharkam Polri dalam rangka pensiun.

Sedangkan Irjen Fadil Imran yang sebelumnya Kapolda Metro Jaya pun diangkat menjadi Kabaharkam Polri. Lalu, posisi Komjen Rycko Amelza yang saat ini menduduki posisi Kalemdiklat Polri sakan diamanahi tugas baru di luar struktur Polri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nama Pati yang Terkena Mutasi Polri

Selain itu, terdapat beberapa nama jenderal yang turut dirotasi jabatan. Posisi Komjen Rycko Amelza yang saat ini menduduki posisi Kalemdiklat Polri selanjutnya akan diamanahi tugas baru di luar struktur Polri.

Sementara itu, posisi Komjen Purwadi Arianto yang menjabat Seslemhanas saat ini akan dipersiapkan menjadi Kalemdiklat Polri.

Irjen Rudy Sufahriady yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Sulteng akan ditempatkan sebagai Pati Lemdiklat. Posisi Kapolda Sulteng selanjutnya akan diisi oleh Irjen Agus Nugroho yang saat ini bertugas di BPOM.

Komjen Luki Hermawan yang menjabat Wakil Kepala BSSN saat ini dimutasikan sebagai Pati Baintelkam Polri bidang Politik.

Sementara itu, Kapolda Jabar yang dijabat Irjen Suntana selanjutnya digantikan Irjen Ahmad Wiyagus yang saat ini menjabat Kapolda Lampung. Tongkat komando Kapolda Lampung selanjutnya diserahkan kepada Irjen Helmy Santika yang saat ini mejabat Kapolda Gorontalo.

Kapolda Gorontalo Selanjutnya dijabat Irjen Angesta Romano Yoyol yang saat ini menjabat Widyaiswara Lemdiklat Polri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.