Sukses

PDIP: Said Abdullah Bagi-Bagi Amplop Bukan Money Politic

Ketua Bappilu PDIP Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul, membela kadernya yang merupakan Plt Ketua DPD Jawa Timur Said Abdullah terkait pembagian amplop berlogo PDIP di salah satu masjid di Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Bappilu PDIP Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul, membela kadernya yang merupakan Plt Ketua DPD Jawa Timur Said Abdullah terkait pembagian amplop berlogo PDIP di salah satu masjid di Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Bambang Pacul menilai, pembagian amplop itu tidak ada kaitannya dengan praktik money politic atau politik uang. Sebab, Pemilu 2024 belum dimulai.

"Kalau itu money politic-nya kan nggak ada, wong belum pemilu," kata Pacul, kepada wartawan, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (28/3).

Lebih lanjut, dia menyebut belum diketahui apakah Said Abdullah akan maju sebagai caleg atau kepala daerah pada Pemilu 2024 mendatang. Namun, saat ini Said Abdullah masih dalam kapasitas legislator yang sedang mengunjungi dapil.

"Apakah Pak Said akan dicalonkan? Belum tentu juga. Kan masih jauh pencalonan. Jadi, apakah Pak Said mau jadi gubernur, juga belum jelas. Apakah jadi caleg, belum jelas juga. Masih panjang," tegasnya.

Kendati demikian, dia pun memahami jika publik merasa ada yang kurang pas dengan amplop yang dibagikan di masjid, apalagi menggunakan logo partai.

Namun, menurutnya pembagian amplop itu merupakan tali kasih kepada konstituennya.

"Yang kurang pas adalah pakai amplop gambar itu, seolah-olah pribadi menjadi organisasi. Tetapi bisa kita lihat bahwa Pak Said tersentuh hatinya untuk membagi, karena kecintaan Pak Said sama PDI, kecintaan Pak Said sama jamaahnya yang meramaikan masjidnya, menjadi jamaah masjid Bapaknya," imbuh Ketua Komisi III DPR itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Viral

Sebelumnya, beredar sebuah video merekam bagi-bagi amplop berwarna merah di sebuah masjid. Seorang pria membagikan amplop ke pada jemaah hadir.

Video itu diunggah akun Twitter @PartaiSocmed. Pada amplop merah itu terdapat logo kepala banteng khas PDIP. Juga foto Plt Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Jawa Timur (Jatim) Said Abdullah dan Ketua DPC PDIP Sumenep, Ahmad Fauzi. Di unggahan lainnya, terlihat isi amplop terdiri dari dua lembar uang Rp100 ribu dan dua lembar uang Rp50.000.

Said mengatakan, setiap tahunnya pemberian zakat itu memang selalu dia lakukan. Termasuk ketika Covid-19 melanda Tanah Air.

"Itu tiap tahun, always. Coba cek tahun lalu ada juga kaya gitu, tapi enggak ada yang angkat media tahun kemarin. 2 Tahun yang lalu ketika covid sama, itu zakat mal," katanya menjelaskan.

Sumber: Alma Fikhasari/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.