Sukses

Cari Cawapres untuk Anies Baswedan, PKS Percaya Akan Kemampuan Jusuf Kalla

Wakil Presiden RI ke 10 dan 12, M Jusuf Kalla (JK) disebut mengusulkan nama untuk bakal calon wakil presiden mendampingi bacalon presiden Anies Baswedan di Pemilu 2024.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden RI ke 10 dan 12, M Jusuf Kalla (JK) disebut mengusulkan nama untuk bakal calon wakil presiden mendampingi bacalon presiden Anies Baswedan di Pemilu 2024.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menyebut sosok JK selalu sukses memunculkan nama untuk Pemilu. Dia mencontohkan, sosok Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Jokowi contohnya.

“Pak JK ini terbukti sukses selalu. Pak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) periode pertama perlu Pak JK. Pak Jokowi (Joko Widodo) periode pertama perlu pak JK," kata Mardani, kepada wartawan, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, (28/3/2023). 

Dia mengatakan, usulan JK sebagai sinyal bahwa dia menginginkan Anies menang. Selain itu, juga pesan bahwa dalam memilih cawapres harus hati-hati.

"Jadi hati-hati memilih cawapres. Jangan sekedar quote and quote desakan dari elite tapi tak mencerminkan harapan dari masyarakat," jelas Mardani.

Karena itu, dia menyebut usulan JK perlu dipertimbangkan, meskipun keputusan akhir itu tetap diserahkan kepada Anies.

"Jadi buat saya usulan Pak JK layak dipertimbangkan. Seperti dari partai lain. Hasilnya keputusan Mas Anies partai pengusung dapat cawapres terbaik," ujar Mardani.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

JK Sebut Nama Khofifah Jadi Pendamping Anies Baswedan

Sebelumnya, Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya mengaku Jusuf Kalla (JK), mengusulkan beberapa nama untuk menjadi calon wakil presiden (cawapres) Anies Baswedan.

Salah satu nama yang diusulkan oleh JK yakni Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa. 

"Bukan hanya satu yang diusulkan Pak JK. Ada banyak pertimbangan yah. Jadi ada beberapa nama yang diusulkan oleh Pak JK," kata Willy, kepada wartawan, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (28/3/2023). 

 

 

 

Reporter: Alma Fikhasari/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Anies Baswedan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia
    Anies Baswedan pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia

    Anies Baswedan

  • Pemilihan umum legislatif yang disingkat sebagai Pemilu tahun 2024 akan mulai dilaksanakan pada 14 Februari 2024.

    Pemilu 2024

  • Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.

    Jusuf Kalla

  • Anies

  • Pemilu

  • JK

  • PKS