Sukses

Sudirman Said: Dalam Waktu Dekat Partai Koalisi Pendukung Anies Baswedan Deklarasi Bersama

Perwakilan Anies Baswedan di koalisi perubahan, Sudirman Said mengatakan dalam waktu dekat akan ada pertemuan para pemimpin partai Koalisi Perubahan.

Liputan6.com, Jakarta Perwakilan Anies Baswedan di koalisi perubahan, Sudirman Said mengatakan dalam waktu dekat akan ada pertemuan para pemimpin partai Koalisi Perubahan.

"Saat ini sedang dicari hari baik untuk pengumuman resmi tiga partai koalisi, setelah sebelumnya dilakukan oleh masing-masing partai," ujar Sudirman dalam keterangannya, Selasa (22/3/2023).

Mengenai koalisi, Sudirman mengatakan, saat ini piagam koalisi perubahan telah ditandatangani oleh dua partai, yakni Nasdem dan Demokrat. Adapun Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sedang menunggu waktu yang tepat.

"Kami mensyukuri semua tahapan yang direncanakan terlaksana dengan baik. Ini berkat mandat penuh dari para pemimpin partai kepada utusannya di tim kecil, dan berkat rasa saling percaya yang tinggi dalam tim," ujar Sudirman.

Sebelumnya, Partai Nasdem menyatakan sikapnya yang mendukung Anies Baswedan pada 3 Oktober 2022. Lalu pada 26 Januari 2023 Partai Demokrat mendeklarasikan sikap politiknya. Tak berselang lama, pada 23 Februari sikap politik Partai Keadilan Sejahtera yang mendukung Anies Baswedan sebagai kandidat capres koalisi perubahan turut di deklarasikan.

Berdasarkan catatan yang dirangkum, terdapat sejumlah pertemuan antara ketua umum partai politik yang tergabung dalam koalisi perubahan.

Pertemuan tersebut diantaranya terjadi pada 26 Oktober tahun lalu antara Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan Ketum Partai NasDem Surya Paloh di Wisma Nusantara yang langsung selama dua jam.

Lalu pada 22 Februari, Surya Paloh mengunjungi Kantor DPP Partai Demokrat dan bertemu AHY.

Selain bertemu dengan ketua umum partai, AHY juga bertatap muka dengan kandidat capres koalisi perubahan Anies Baswedan pada 2 Januari.

Sebelumnya, saat Anies menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta ia menyambangi kantor DPP Partai Demokrat dan bertemu AHY pada 7 Oktober tahun lalu.

Setelah itu pada 2 Februari keduanya juga bertemu bersama tim kecil Koalisi Perubahan di kantor DPP Partai Demokrat.

Selang dua hari kemudian Anies dan AHY terlihat bersama-sama menyaksikan konser Dewa 19 di Jakarta International Stadium pada 4 Februari.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentukan Cawapres Anies Baswedan, Koalisi Perubahan Bakal Sidang Isbat

Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya mengatakan pihaknya akan berembuk untuk menentukan bakal calon wakil presiden (cawapres) yang akan dampingi bakal calon presiden yang didukung Koalisi Perubahan, Anies Baswedan pada Pemilu 2024 mendatang.

"Setelah sidang Isbat ramadhan, kita sidang isbat juga," ujar Willy, saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (21/3/2023).

Hanya saja, lanjut dia, tetap Anies Baswedan lah yang akan menentukan sosok yang tepat sebagai cawapres. Menurut dia, tim kecil yang terdiri dari tiga parpol calon mitra koalisi perubahan yakni Partai Demokrat, PKS, dan Partai NasDem lah yang menggodok nama-nama cawapres Anies Baswedan.

"NasDem sudah menyerahkan itu pada Mas Anies, nanti biar tim kecil saja mendiskusikan," ujar Willy.

"Pak Surya sudah menyerahkan kepada Mas Anies, Mas Anies sudah menyerahkan kepada tim kecil. untuk ngubek-ngubek, tim kecilnya ya ngobrol, bahas beberapa," sambung dia.

Kendati demikian, dia mengaku, belum ada nama-nama yang muncul untuk mendampingi Anies di Pilpres 2024.

"Tapi belum memang ke spesifik ke nama. tapi kriteria-kriteria PDKT kita lakukan terus dengan beberapa hal. Best of the best lah," kata Willy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.