Sukses

Ananda Mikola Bakal Gaet BUMN Jadi Sponsor Formula E Jakarta 2023

Ananda Mikola ditunjuk menjadi Ketua Panitia Pelaksana gelaran Formula E Jakarta 2023. Dia berharap, BUMN bersedia menjadi sponsor ajang balap mobil listrik.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Panitia Pelaksana atau Organizing Committee (OC) Formula E Jakarta 2023 Ananda Mikola ingin pelaksanaan ajang balap mobil listrik tersebut mendapat dukungan sponsor dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Diketahui, saat perhelatan Formula E 2022 di era kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, tak satupun BUMN yang memberikan sponsor.

"Rencananya begitu (ingin didukung BUMN), kita belum roadshow, ini kan baru dibentuk struktur panitianya baru dibentuk tadi malam, maka langsung ini dan mulai sekarang kita kerja," kata Ananda di kawasan Ancol, Jakarta Utara, Selasa (28/2/2023).

Ananda menjelaskan bahwa balapan Formula E Jakarta tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Balapan bakal dilangsungkan dua sesi dalam dua hari. Sehingga, bekal penyelenggaraan tahun lalu bakal dijadikan pelajaran agar perhelatan berlangsung lebih baik.

"Tadi saya bilang memang kan tahun ini balapan dua kali. Tujuh hari atau dua minggu sebelum hari H kita akan melakukan simulasi untuk traffic," kata Ananda.

Lebih lanjut, dia mengaku terkejut dengan kondisi Jakarta International e-Prix Circuit (Jakarta E-Prix), Ancol yang masih dalam keadaan baik. Pasalnya, sirkuit itu terakhir kali dipakai pada balap Formula E Jakarta 2022 lalu.

"Surprise (kejutan) juga buat saya karena ini sirkuit bisa dibilang terakhir dipakai tahun lalu, dan sekarang dengan keadaan tidak ada kegiatan sangat sangat teramat, saya surprise keadaan aspal sangat baik sekali," ujar pembalap nasional ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Target 50 Ribu Penonton

Sebelumnya, Ananda Mikola menargetkan bakal ada 50 ribu penonton yang hadir dalam gelaran ajang balap mobil listrik Formula E Jakarta 2023. Dia optimistis target tersebut dapat dicapai, mengingat penyelenggaraan Formula E Jakarta 2022 terbilang sukses.

"(Targer penonton dari) luar dan dalam (negeri), Insyaallah bisa sampai 50 ribu (penonton)," kata Ananda.

Dia menyampaikan bahwa balapan mobil listrik ini akan diikuti oleh 11 tim dari 8 negara. Ananda menuturkan, Formula E tak jauh berbeda dengan kejuaraan balap mobil dunia lainnya, semisal Formula 1 atau F1 yang pelaksanaannya menarik perhatian banyak pihak.

"Ini kejuaraan dunia ini selevel Formula 1, jadi jumlah mata yang memandang sangat besar, ini suatu kebanggaan bagi kita, karena kita jadi tuan rumah pertama kalinya double header (Sabtu Minggu)," kata dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.