Sukses

Demokrat: Publik Sudah Menduga Kaesang Akan Masuk Dunia Politik Seperti Kakaknya

Liputan6.com, Jakarta - Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani, sudah menduga Kaesang Pangarep akan mengikuti jejak kakak dan kakak iparnya untuk terjun ke dunia politik.

“Melihat kakaknya, Gibran, dan kakak iparnya, Bobby Nasution, yang telah lebih dulu masuk ke dunia politik, publik sebenarnya telah menduga dan tinggal menunggu waktu saja bahwa Kaesang pun akan demikian,” kata Kamhar saat dikonfirmasi, Rabu (25/1/2023).

Meski demikian, Kamhar menyambut baik langkah Kaesang tersebut. 

“Kami menghormati dan menyambut baik jika nanti Kaesang putra bungsu Pak Jokowi juga akhirnya memilih berkecimpung di dunia politik,” ujarnya.

Menurut Kamhar, Kaesang tentu sudah mempersiapkan dan belajar banyak hal dari kasus kakaknya, Gibran, yang sudah lebih dulu nyemplung di dunia politik. 

“Meskipun dulu sebagaimana juga kakaknya pernah menyampaikan tak tertarik dengan politik dan lebih tertarik menjadi pebisnis. Perubahan itu wajar-wajar saja. Semakin ke sini tentu Kaesang banyak belajar dan telah mempersiapkan diri untuk masuk ke politik,” ungkapnya.

Menurut Kamhar, Kaesang berpeluang besar maju DPR RI atau Pilkada serentak. “Bisa di legislatif dengan maju sebagai Caleg DPR RI atau di eksekutif maju pada Pilkada serentak 2024 nanti. Jadi kami menyambut baik. Namun, kami belum membahas sama sekali tentang ini. Kami masih fokus pada persiapan Pileg dan Pilpres,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kaesang Pangarep rupanya ingin mengikuti jejak sang kakak untuk terjun ke politik. Keinginan itu dia sampaikan kepada sang kakak Gibran Rakabuming Raka dan sang ayah Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Yang kami bicarakan di meja makan itu Kaesang. Saya juga kaget, dia secara terbuka menyampaikan ke kami ada ketertarikan di politik," kata Gibran di Solo, Selasa, (24/1/2023).

Meski demikian, Wali Kota Solo itu belum mengetahui apakah Kaesang mulai terjun ke politik pada Pilkada 2024.4.

"Enggak tahu, saya baru dengar kemarin. Bapak juga kaget. Biasanya enggak pernah membicarakan itu, ini penjajakan dulu," ujar Gibran seperti dikutip dari Antara.

Gibran mengatakan ketertarikan Kaesang tersebut karena ingin berkontribusi di daerah. Apalagi, sejak beberapa tahun terakhir, putra bungsu Jokowi itu juga sudah terjun langsung mengurusi Klub Sepak Bola Persis Surakarta.

"Kalau saya lihat, misalnya Persis, itu kan yang kerja keras Kaesang. KLB (Kongres Luar Biasa) PSSI kan Kaesang juga intens di situ. Kalau saya lihat, mampu, anak muda, tapi belajarnya cepat," katanya.

Gibran juga sempat mengajak Kaesang dan Jokowi ke beberapa proyek infrastruktur yang sedang dalam proses pengerjaan di Kota Surakarta.

"Kemarin kan kami ajak juga ke Solo Safari, Technopark, Ngarsopuro. Ya, melihat pembangunan-pembangunan di Solo. Pokoke ada ketertarikan untuk membangun, ikut membantu, lebih ke kontribusi," katanya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Bakal Diplot Jadi Calon Wali Kota Solo?

Pengamat Politik Ujang Komarudin memprediksi Kaesang akan diplot menjadi calon Wali Kota Solo apabila Gibran dicalonkan sebagai Gubernur Jawa Tengah atau DKI Jakarta.

"Bisa jadi ketika Gibran naik jadi Gubernur Jawa Tengah atau DKI, lalu Kaesang menjadi Wali Kota Solo," ujar Ujang ketika dihubungi, Selasa (24/1/2023).

Ujang menilai hal tersebut memungkinkan terjadi lantaran sang ayah, Presiden Jokowi masih menjabat sebagai kepala negara. Jokowi pun mudah mengajak partai pendukungnya untuk mengusung Kaesang menjadi calon wali kota Solo.

"Kalau kita lihat karena sedang berkuasa, sedang memerintah, sedang kuat-kuatnya bisa saja skema itu terjadi," ucapnya.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review ini menuturkan, Kaesang bisa mengikuti jejak ayah dan kakaknya menjadi kader PDIP sebagai kendaraan untuk mencalonkan diri di Pilkada Solo. 

"Saya melihatnya partai mana yang menampung, kita lihat Gibran, Jokowi dari PDIP, bisa melalui PDIP," katanya.

Cukup mudah juga buat Kaesang mendapatkan dukungan politik dari partai lain. Khususnya partai-partai pendukung Jokowi saat ini.

"Biasanya kalau anak presiden partai manapun bisa dibeli bisa didorong dan bisa mendukungnya," kata Ujang.

3 dari 3 halaman

Bisa Jadi Caleg

Selain menjadi calon wali kota Solo, menurut Ujang, Kaesang juga berpotensi menjadi calon legislatif.

"Kalau kita lihat Kaesang masuk politik ada tujuannya pasti ingin berkuasa, entah wali kota atau pun bisa jadi caleg DPR. Kita lihat saja nanti perkembangannya seperti apa," jelas Ujang.

Sebelumnya, Wali Kota Surakarta sekaligus putra pertama Presiden Joko Widodo Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan keinginan sang adik, Kaesang Pangarep, untuk terjun ke dunia politik. Gibran mengatakan keinginan itu disampaikan Kaesang sendiri di depan dirinya dan ayahnya, Jokowi saat pulang ke Surakarta.

"Yang kami bicarakan di meja makan itu Kaesang. Saya juga kaget, dia secara terbuka menyampaikan ke kami ada ketertarikan di politik," kata Gibran seperti dikutip dari Antara, Selasa (24/1/2023).

Meski demikian, dia belum tahu apakah Kaesang akan mulai terjun pada Pemilihan Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

"Enggak tahu, saya baru dengar kemarin. Bapak juga kaget. Biasanya enggak pernah membicarakan itu, ini penjajakan dulu," tambahnya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS