Sukses

5 Fakta Terkait Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya Resmikan Sekber Gerindra-PKB

Pada Senin 23 Januari 2023, Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya meresmikan Sekretariat Bersama atau Sekber Gerindra-PKB di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Liputan6.com, Jakarta - Pada Senin 23 Januari 2023, Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya meresmikan Sekretariat Bersama atau Sekber Gerindra-PKB di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Selain Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, sejumlah elite kedua parpol juga nampak hadir, antara lain Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno, Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani, hingga Ketua DPP PKB Ida Fauziah.

"Hari ini ini kita resmi membuka Sekber Gerindra-PKB sebagai wujud pelaksanaan implementasi dari kerja sama politik yang sudah kita putuskan dan sepakati bersama beberapa bulan lalu di Sentul, Jawa Barat persisnya 13 Agustus 2022," ujar Prabowo usai menggunting pita peresmian Sekber, Senin 23 Januari 2023.

Menurut Prabowo, keberadaan Sekber adalah bukti koalisi solid dan siap menang. Prabowo optimis Sekber dan koalisi tidak hanya berisi dua parpol namun akan segera bertambah parpol lain.

Sementara itu, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menyatakan, pemilihan 23 Januari 2023 sengaja dilakukan bersamaan dengan awal bulan Rajab. Sebab, kata dia, Rajab adalah bulan baik.

"Memang kita pilih hari ini 23 Januari tepatnya 1 Rajab bagi kalangan santri dan umat Islam rajab ini komentum berbenah dan persiapan membawa keberkahan menuju Ramadan. Insyaallah dengan peresmian ini kerja sama PKB dan Gerindra untuk Indonesia yang sejahtera terwujud," kata Cak Imin.

Berikut sederet fakta terkait Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya meresmikan Sekretariat Bersama atau Sekber Gerindra-PKB dihimpun Liputan6.com:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Prabowo dan Cak Imin Resmikan Sekretariat Bersama Gerindra-PKB

Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya meresmikan Sekretariat Bersama atau Sekber Gerindra-PKB yang berada di kawasan Menteng, Jakarta Pusat pada Senin 23 Januari 2023.

Selain Ketua Umum Prabowo Subianto dan Muhaimin Iskandar, sejumlah elite kedua parpol nampak hadir seperti Wakil Ketua Dewan Pembina Sandiaga Uno, Sekjen Gerindra Ahmad Muzani, hingga Ketua DPP PKB Ida Fauziah.

"Hari ini ini kita resmi membuka Sekber Gerindra-PKB sebagai wujud pelaksanaan implementasi dari kerja sama politik yang sudah kita putuskan dan sepakati bersama beberapa bulan lalu di Sentul, Jawa Barat persisnya 13 Agustus 2022," kata Prabowo usai menggunting pita peresmian Sekber.

Prabowo menyatakan, keberadaan Sekber adalah bukti koalisi solid dan siap menang. "Hari ini adalah suatu bukti bahwa kerja sama kita solid, tekad kita solid, semangat kita tinggi, optimisme kita besar, keyakinan besar kita akan maju ke rakyat," kata dia.

"Ini awalan yang jelas terhadap partai kebangsaan yang agamis, partai agamis yang kebangsaan. Kami yakin tidak hanya sebatas dua partai mungkin juga," sambung Prabowo.

Sementara itu, Muhaimin alias Cak Imin menyatakan pemilihan tanggal 23 Januari 2023 sengaja dilakukan bersamaan sebab bulan Rajab. Sebab, kata dia, Rajab adalah bulan baik.

"Memang kita pilih hari ini 23 Januari tepatnya 1 Rajab bagi kalangan santri dan umat Islam rajab ini komentum berbenah dan persiapan membawa keberkahan menuju Ramadan. Insyaallah dengan peresmian ini kerja sama PKB dan Gerindra untuk Indonesia yang sejahtera terwujud," pungkas Cak Imin.

 

3 dari 6 halaman

2. Prabowo dan Cak Imin Akan Sering Bertemu di Sekber

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman menyatakan Sekber akan menjadi pusat kegiatan dan rapat koalisi.

"Ini adalah pusat aktivitas kita ya, koalisi 2 partai ini. Kita serius dan ada kemajuan dalam koalisi ini, dengan sekber ini tentu semua kerja-kerja koalisi kita bisa maksimalkan di sini, dan komunikasi lebih mudah ketemu temen di 2 fraksi itu, lebih mudah di sini," ungkapnya.

Selain tim pemenangan, Kedua Ketum juga akan sering bertemu di Sekber tersebut.

"Ya, bakal sering Pak Prabowo dan Cak Imin mungkin di hari weekend karena beliau-beliau itu kan penyelenggara negara ya. Mungkin di hari libur mereka ketemu di sini," jelas Habiburokhman.

 

4 dari 6 halaman

3. Prabowo Yakin Koalisi Tak Hanya Sebatas Dua Partai

Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto menyebut Sekber diresmikan untuk menyongsong Pemilu 2024. Menurutnya peresmian Sekber sebagai bukti bahwa koalisi PKB-Gerindra solid dan optimis menang.

"Jadi hari ini adalah suatu bukti bahwa kerjasama kita solid, tekad kita solid, semangat kita tinggi, optimisme kita besar, keyakinan besar kita akan maju ke rakyat, untuk membela kepentingan rakyat," kata Prabowo di Sekber.

Prabowo optimis Sekber dan koalisi tidak hanya berisi dua parpol namun akan segera bertambah parpol lain.

"Jadi Ini awalan yang jelas terhadap partai kebangsaan yang agamis, partai agamis yang kebangsaan. Kami yakin tidak hanya sebatas dua partai mungkin juga," tutur Prabowo.

5 dari 6 halaman

4. Cak Imin Sebut Sekber PKB-Gerindra Jadi Momentum Kerja Politik Majukan Bangsa

Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mengatakan Sekretariat Bersama (Sekber) Koalisi Gerindra dan PKB dapat digunakan bagi kedua belah pihak untuk melakukan kerja politik demi memajukan bangsa dan memakmurkan Indonesia.

"Sekber ini menjadi momentum untuk kerja-kerja politik yang memajukan bangsa dan memakmurkan Indonesia," ujar Cak Imin, sapaan akrab Abdul Muhaimin Iskandar.

Cak Imin menyampaikan makna pemilihan waktu Peresmian Sekber Gerindra dan PKB pada 23 Januari 2023 atau bertepatan dengan 1 Rajab sejalan dengan makna dari bulan ketujuh di kalender Hijriah, yakni momentum bagi kedua partai untuk berbenah menjadi lebih baik.

"Memang kita pilih hari ini, 23 Januari 2023, tepatnya 1 Rajab bagi kalangan santri dan umat Islam. 1 Rajab ini momentum berbenah dan persiapan membawa keberkahan menuju Ramadhan," kata dia.

Cak Imin mengatakan bagi koalisi PKB dan Partai Gerindra saling percaya di antara mereka merupakan kekuatan untuk menata Indonesia menjadi lebih baik.

"(Bagi) PKB dan Gerindra, saling percaya adalah kekuatan yang bisa diamanati untuk menata Indonesia menjadi lebih baik, melanjutkan kesuksesan yang telah ada, dan melompat lebih maju lagi di masa yang akan datang," ujar Cak Imin.

Ia lalu berharap dengan adanya Sekber Gerindra dan PKB, kedua belah pihak dapat menjalankan kerja sama yang telah disepakati demi mewujudkan Indonesia yang lebih sejahtera.

 

6 dari 6 halaman

5. Sandiaga Uno Turut Hadir di Peresmian Sekber

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno menghadiri peresmian sekretariat bersama koalisi partai Gerindra dan PKB pada Senin 23 Januari 2023.

Sandiaga yang dikabarkan akan keluar Gerindra dan bergabung PPP itu bersalaman langsung dengan Ketua Harian DPP Partai Gerindra Dasco dan juga ikut menyambut Prabowo Subianto. Dia mengaku kedatangannya atas undangan langsung Prabowo.

"Saya tadi diundang khusus oleh Pak Prabowo untuk hadir dan tentunya senang," kata Sandiaga di Sekber.

Sandiaga menyatakan tak ada pembahasan dengan Prabowo di Sekber terkait isu dirinya keluar dari Gerindra.

"Oh tidak, semuanya sudah clear. Ini saya pakai baju Gerindra," ungkapnya.

Ia meminta jangan ada lagi spekulasi yang menyebutkan dirinya akan segera pindah ke PPP. Sebab, dirinya sudah berbicara panjang dengan Prabowo terkait isu tersebut beberapa waktu lalu.

"Jadi, jangan dibawa ke sana karena itu nanti bisa disalahartikan dan disalahpahamkan. Kemarin pembicaraan panjang itu salah satunya karena soal pertanyaan yang tadi disampaikan tapi itu bener bener prerogatifnya pimpinan partai politik," ungkapnya.

Sebagai kader Gerindra, kata Sandiaga, ia mendukung keputusan Gerindra siapapun capres yang akan didukung.

"Nanti akan diputuskan oleh mekanisme pimpinan partai tapi sebagai kader gerindra tentunya wajib mendukung," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.