Sukses

Jelang Tahun Baru, KKB Lakukan Penembakan Terhadap Pos Polisi di Papua

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal, membenarkan, telah terjadi serangkaian serangan penembakan di pos jaga,

Liputan6.com, Jakarta - Kabid Humas Polda Papua Kombes  Ahmad Musthofa Kamal, membenarkan, telah terjadi serangkaian serangan penembakan di pos jaga Polres Yahukimo dan Pos Brimob Kali Buatan, Jalan Gunung Distrik Dekai Kabupaten Yahukimo. Kamal menjelaskan, penembakan pertama terjadi pada Jumat (30/12/2022) sekira pukul 22.35 WIT terhadap Pos Penjagaan SPKT Polres Yahukimo.

“Saat di persimpangan depan Mako Polres Yahukimo ada kendaraan memutar balik, kembali arah menuju Bundaran Jam Kota Dekai. Saat melintas di Depan Pos Penjagaan SPKT Polres Yahukimo saksi melihat pengendara motor tersebut berhenti dan terdengar bunyi letusan senjata api sebanyak satu kali,” tulis Kamal dalam keterangan pers diterima, Sabtu (31/12/2022).

Kamal melanjutkan, tembakan mengarah kepada Pagar Gapura Mapolres Yahukimo dan juga adanya Pantulan Lekoset mengarah pada dinding sebelah kiri Pos Penjagaan SPKT Polres Yahukimo. Setelah menembak, pengendara motor tersebut melarikan diri ke arah bundaran Jam Kota Dekai.

“Insiden kedua terjadi hari ini, Sabtu (31/12/2022) sekitar pukul 05.28 WIT oleh KKB dengan tempat perkara di Pos Brimob Kali Buatan Jalan Gunung Distrik Dekai Kabupaten Yahukimo. Penembakan dilakukan dari arah depan dan samping kiri secara bersamaan,” jelas Kamal.

Menurut keterangan dari lokasi, sambung Kamal, tembakan datang dari arah depan sebanyak 6 kali dengan peluru menembus atap seng dan dinding pos depan.

"Kemudian ditemukan satu proyektil mengenai satu anggota bagian depan body face tetapi tidak tembus bagian dada depan, selanjutnya satu tembakan dari arah kiri terkena dinding Pos bagian kiri, “ rinci Kombes Kamal.

Kamal memastikan, usai insiden itu, regu piket Jaga UKL Regu II  yang dipimpin Kasat Sabhara Polres Yahukimo AKP Dolfinus Rumbrapuk melakukan quick respons terhadap informasi tersebut, dengan turun ke tempat kejadian perkara (TKP). Setibanya di TKP, personel dengan menggunakan Mobil Rantis milik Brimob Yon D Polda Papua melakukan penyisiran serta mengamankan di sekitar area TKP.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Ada Korban

Kamal memastikan, tidak ada korban jiwa maupun luka-luka atas insiden ini, baik pihak keamanan maupun masyarakat. Ia juga mengatakan bahwa pasca kejadian situasi di Kota Dekai Kabupaten Yahukimo aman kondusif.

“Tidak ada korban jiwa maupun luka-luka, anggota di Kabupaten Yahukimo terus meningkatkan patroli di seputaran kota untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” Kamal menutup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.