Sukses

Abdi Dalem Pura Mangkunegaran: Jokowi Ingin Menyatu dengan Rakyat saat Ngunduh Mantu

Masbei Edi, Abdi Dalem Mangkunegaran mengatakan bahwa Pura Mangkunegaran adalah tempat yang sangat istimewa.

Liputan6.com, Jakarta - Pura Mangkunegaran akan menjadi saksi kedua, kesakralan pernikahan antara Kaesang Pangarep dan Erina Gudono setelah Hotel Royal Ambarukmo yang menjadi tempat akad nikah keduanya kemarin, Sabtu 11 Desember 2022.

Hari ini, para rangkaian janji suci keduanya, Pura Mangkunegaran adalah lokasi yang menjadi tempat ngunduh mantu keluarga besar Kaesang Pangarep terhadap keluarga besar Erina Gudono. Kepada SCTV melalui siaran langsung, Masbei Edi, Abdi Dalem Mangkunegaran mengatakan bahwa Pura Mangkunegaran adalah tempat yang sangat istimewa.

"Pura Mangkunegara bangunan yang istimewa sekali ini cagar budaya yang terpelihara baik hingga saat ini dan usai direvitalisasi semakin baik dan elegan," kata dia seperti dikutip, Minggu (11/12/2022).

Edi menambahkan, pemilihan Pura Mangkunegaran mengibaratkan bak istana di tengah kota. Dia mengartikan, pemilihan lokasi ini oleh keluarga dari Kaesang yakni Presiden Joko Widodo guna menimbulkan arti adanya kedekatan dan hubungan yang tidak berjarak antara pemerintah dengan masyarakat.

"Istilahnya pura seperti istana di tengah kota sepertinya pak presiden ingin kita menyatu begitu antara pemerintah dan masyarakat," yakin Edi.

Nantinya pada detik-detik acara akan dilangsungkan mempelai akan memasuki area Pura Mangkunegaran menggunakan kereta kencana yang melintasi tengah kota.

Pantauan via daring, masyarakat sudah berkumpul di sepanjang jalan menuju lokasi tersebut. Terlihat mereka antusias menyambut sang pengantin baru ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kaesang Erina-Resmi Menikah

Sebelumnya, Kaesang Pangarep resmi menikah dengan Erina Gudono, Sabtu (10/20/2022). Pembacaan ijab kabul dilaksanakan di di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo Yogyakarta.

Seperti pasangan pada umumnya, Kaesang pun memberikan sebuah mahar atau mas kawin untuk Erina. Dalam hal ini, Kaesang memberikan seperangkat alat salat serta uang tunai sebesar Rp300.000, dengan tiga pecahan Rp100.000

Selain itu, Kaesang juga memberikan mahar berupa logam mulia sebanyak empat buah. Masing- masing emas memiliki berat yang berbeda yakni, 10 gram, 12 gram, 20 gram, dan 22 gram.

Hal ini sesuai dengan tanggal akad nikah keduanya yang digelar pada Sabtu, (10/12/2022). Adapun mahar tersebut dihias dan ditata dalam sebuah bingkai bewarna emas dengan ukuran besar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.